Sang Pencerah

Film atau acara religi hasil garapan sutradara Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang kehidupan tokoh Islam sekaligus pahlawan nasional, K.H. Ahmad Dahlan dan perjuangannya mendirikan Muhammadiyah. K. H. Ahmad Dahlan tanpa ragu berani mempertahankan pendapatnya demi meluruskan Syariat Islam yang mulai menyimpang ke arah sesat, Syirik dan Bid’ah. 

source: http://www.bintang.com/celeb/read/2314688/bisakah-rekor-7-piala-film-sang-pencerah-pecah-di-ffb-2015


 

baca juga

Sang Kiai

Salah satu film religi Indonesia yang bertemakan perjuangan ini berkisah tentang perlawanan K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

K.H. Hasyim Asy’ari dengan gigih menolak seruan-seruan pemerintah Jepang yang dianggapnya berlawanan dengan ajaran Islam, seperti sekerei. Tak berakhir di sana, pasca kekalahan Jepang, pasukan Sekutu kembali datang untuk menguasai. Soekarno meminta bantuan K.H. Hasyim Asyari yang kemudian dijawab dengan Resolusi Jihad. Semangat kemerdekaan, nasionalisme, didukung dengan semangat spiritual keagamaan membuat rakyat Indonesia berani mati.

source: https://danieldokter.wordpress.com/2013/06/03/review-sang-kiai-2013/


 

Negeri 5 Menara

Diadaptasi dari novel karya A. Fuadi, film ini menceritakan tentang kehidupan enam santri dengan latar belakang yang berbeda-beda, namun dipersatukan dengan mimpi yang sama untuk menaklukkan dunia. Kita diajarkan bagaimana impian dapat tercapai, dengan keyakinan bahwa kita dapat meraihnya. Negeri 5 Menara terkenal dengan quote  "Man Jadda Wajada" yang artinya, "siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil".

source: https://www.pinterest.com/pin/65513369549409345/


 

baca juga

Perempuan Berkalung Sorban

Berlatar dunia pesantren, film ini berkisah tentang Anissa (Revalina S. Temat) yang terlahir dalam lingkungan patriarkis. Anissa selalu mempertanyakan nilai-nilai konservatif yang dianggapnya membatasi perempuan, baik dalam hal pendidikan, sementara laki-laki selalu mendapatkan keistimewaan. Meskipun dianggap kontroversial, film adaptasi novel karya Abidah El Khalieqy ini memiliki tema tentang pemberdayaan perempuan.

source: https://id.wikipedia.org/wiki/Perempuan_Berkalung_Sorban