Model busana longgar dan panjang ini masih menjadi tren yang digemari oleh para kaum wanita baik yang berhijab ataupun tidak, terutama di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idu Fitri. Akan tetapi, ditengah maraknya penggunaan kaftan, masih banyak sekali ditemui cara yang salah dalam merawatnya. Untuk kamu yang belum paham cara merawat kaftan, maka kamu membutuhkan tips merawat kaftan nih ladies!


 

1. Bahan Chiffon

Ladies, kamu perlu tahu nih kalau kaftan berbahan chiffon tidak memerlukan air hangat seperti kaftan berbahan lainnya. Hal ini dikarenakan chiffon memiliki sifat yang mudah menyusut. Merawat kaftan dengan bahan chiffon memerlukan perhatian lebih lho, jangan pernah mencoba mencampur bahan chiffon-mu dengan pakaian lain dalam mesin cuci kalau kamu tidak menginginkan warna kaftan chiffon-mu menjadi cepat memudar ya!

source: https://www.zalora.co.id/


 

baca juga

2. Bahan Katun Linen

Cara merawat kaftan berbahan katun lebih mudah jika dibandingkan dengan perawatan kaftan dengan bahan lainnya. Untuk bahan katun, kamu hanya perlu mencucinya dengan deterjen lembut dan menyetrikanya dengan suhu rendah.
source: https://www.zalora.co.id/


 

3. Bahan Satin

Kalau kamu memiliki kaftan dengan bahan satin, gunakanlah detergen lembut untuk mencucinya ya ladies, hindari menyikat dan mencucinya dengan mesin. Karena, hal ini akan merusak serat-serat halus dari bahan satin nih ladies. Selain itu, jemur kaftan satin yang kamu miliki tanpa memerasnya, dan setrika dengan suhu maksimal 110 derajat celcius.

source: https://www.zalora.co.id/


 

baca juga

4. Bahan Cerutti

Cerutti merupakan bahan pakaian yang bertekstur seperti kulit jeruk. Dalam melakukan perawatan bagi kaftan berbahan ini, dianjurkan untuk mencucinya dengan mesin. Namun, bahan cerutti juga sangat rentan untuk dicuci terlalu lama dan kasar meskipun menggunakan tangan, hal ini akan menyebabkan bahan kaftan kamu yang berdasar dari cerutti akan mudah melar.
source: https://www.zalora.co.id/

Selain menghindari pencucian dengan mesin, bahan cerutti hanya memerlukan suhu setrika rendah nih ladies ketika kamu ingin menyetrikanya. Hindari penggunaan pemutih serta pengeringan menggunakan mesin ya, jika kamu menginginkan kaftan berbahan cerutti kamu tahan lebih lama.

 

5. Bahan Silk

Perawatan untuk kaftan jenis silk ini juga memerlukan perawatan yang ekstra hati-hati lho ladies. Gunakan mesin cuci dengan suhu rendah jika kamu tetap ingin mencucinya menggunakan mesin, serta hindari kontak langsung dengan matahari saat menjemurnya. Hal yang harus kamu hindari lainnya adalah dengan jangan menyikatnya ladies!

source: https://www.zalora.co.id/
Sekarang kamu sudah tahu kan, bagaimana cara merawat dan mencuci kaftan yang kamu miliki sesuai dengan bahannya? Jangan sampai salah merawatnya ya kalau kamu ingin kaftanmu tetap awet!