Kue Talam

Kue Talam yang merupakan salah satu makanan khas Betawi memiliki bentuk yang unik yang biasanya memiliki 2 warna. Bahkan, saat bulan puasa, kue talam bisa menjadi salah satu menu buka puasa yang cukup populer. Kue talam terbuat dari tepung beras, tepung singkong (tapioka), tepung terigu atau tepung sagu. Nah kue yang satu ini udah pasti ada di urutan terdepan meja penjual kue basah di pasar pagi senen.
 

source: http://www.indirania.com/2015/07/resep-cara-membuat-kue-talam.html


 

Kue Rangi

Kue Rangi adalah makanan khas Betawi yang gurih dan enak. Kue ini berasal dari tepung kanji/tepung sagu dengan parutan kelapa. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang dan ditambah dengan gula cair lengkap dengan potongan nangka, nanas atau durian. Nah biasanya jajanan rangi ini masih bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional terdekat. Oh iya, makanan ini juga masih banyak dijual di daerah Bekasi dan Tanggerang lho, Jadi buat tinggal didaerah sana, mungkin masih sering menemukan makanan khas betawi yang satu ini beautynesian?
 

source: https://www.mystudyworld.com/news/131


 

baca juga

Roti Gambang

Roti gambang ini ternyata memiliki cerita yang unik di baliknya. Bentuk Roti Gambang memang mirip dengan alat musik tradisional masarakat Betawi yaitu alat musik Gambang, sehingga jajanan ini pun dinamakan Roti Gambang. Roti ini tidak memiliki tekstur sehalus roti pada umunya tapi soal rasa berani diadu. Nah, biasanya roti gambang ini masih sering terlihat di pasar-pasar tradisional atau masih banyak yang menjualnya dengan gerobak di daerah-daerah pelosok seperti bekasi, pekayon, petukangan dan tangerang.
 

source: https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g297706-d4218325-i229422859-Bogor_Permai_Bakery_Restaurant-Bogor_West_Java_Java.html


 

Kue Kembang Goyang

Kamu pernah menemui kue berbentuk kembang taau bunga seperti gambar di bawah ini? Kalau ya, itu adalah Kue Kembang Goyang. Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi. Nama ‘kembang goyang’ ternyata berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang. Proses pembuatan kue ini adalah dengan digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Nah, kue kembang goyang ini yang paling mudah untuk ditemukan. Jika kamu perhatikan, warung-warung didaerah jakarta timur, selatan, utara dan bekasi masih menjual kue ini didalam toples.
 

source: http://1001resepkue.blogspot.co.id/2016/03/resep-kue-kembang-goyang.html
baca juga

Yup, inilah deretan makanan jajanan betawi tempo dulu yang masih mudah ditemukan, tertarik untuk mencobanya?