Tahun ini, Fashion Nation mengangkat tema tentang batik karena popularitasnya yang semakin mendunia. Selain itu, para desainer pun mampu mengubah batik menjadi sebuah karya yang lebih modern.
Melalui salah satu program acara tahunan ini, Capsule Collection, desainer bisa berkarya sekaligus memajang karyanya di pusat perbelanjaan bergengsi ini. "Capsule Collection adalah sebuah kolaborasi Senayan City dengan a list of fashion designer yang menampilkan Limited Edition Batik Collection," kata Veri Y. Setiadi, CEO Senayan City pada Preview Press Conference di Jakarta, 18 Maret 2015 .
source: http://theactualstyle.com/interpretasi-batik-di-fashion-nation-ninth-edition-2015/
Karya desainer Mel Ahyar pun membuka Fashion Nation tanggal 9 April lalu. Berbagi panggung dengan desainer asal Thailand Ek Thongprasert, keduanya memamerkan busana bermotif batik.
source: http://wolipop.detik.com
Mel Ahyar, kali ini memilih mengangkat keunikan motif batik Belanda di tahun 1840 dalam koleksi yang dinamakannya Chintz. Motif batik Belanda tak seperti milik Indonesia dengan corak yang penuh arti.

Bunga, burung, kupu-kupu, cerita perang bahkan dongeng anak Eropa diaplikasikan dalam teknik batik Indonesia. Kemudian dengan pengaruh Eropa, bahan ataupun motif lace dijadikan sebagai aksentuasi yang membuat karya batik Indonesia semakin kaya.

Dalam sisi berlawanan, adalah koleksi batik perdana karya desainer Thailand Ek Thongprasert. Koleksi tampil edgy dan gelap, dengan paduan bersama bahan kulit dan PVC.
source: http://wolipop.detik.com/read/2015/04/10/094413/2883378/233/mel-ahyar-tampilkan-keunikan-batik-belanda-di-fashion-nation-2015
Di hari terakhir, Fashion Nation akan menampilkan karya desainer "ASIA`S MOST PROMISING FASHION TALENTS". Dari Indonesia adalah Austere by Tri Handoko dan Stella Rissa lalu Q Design & Play dari Thailand dan Atsuki Takahashi dari Jepang.
Stella Rissa sendiri akan tampil dengan rancangan yang terinspirasi kedewasaan perempuan, sedangkan Tri Handoko, akan mengangkat busana dengan inspirasi warrior..
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2015/03/18/194/1120644/desainer-papan-atas-siap-ramaikan-fashion-nation-2015
Selain busana, dalam Fashion Nation ini juga dihadirkan instalasi batik Didi Budiardjo yang dipamerkan selama event ini berlan
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2211494/perspektif-fesyen-didi-budiardjo-dalam-instalasi-sawunggaling
Jumat 10 April 2015, sebuah pameran karya instalasi dihadirkan Didi di pusat perbelanjaan Senayan City. Salah satu sisi dari bangun prisma segitiga yang berdiri di tengah apitan butik-butik mall tersebut memiliki pintu. Ruang dalam bangunan putih itu gelap? dan terdapat manekin gaun yang tersorot sinar proyektor di dalamnya.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2211494/perspektif-fesyen-didi-budiardjo-dalam-instalasi-sawunggaling
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2211494/perspektif-fesyen-didi-budiardjo-dalam-instalasi-sawunggaling
Berganti-ganti motif, manekin tersebut menjadi rupa baru sajian artistik batik. Didi Budiardjo menyebut hal ini dengan meminjam istilah `Nunggak Semi`, yakni berarti berseminya tumbuhan dari tunggaknya atau bagian lama tumbuhan yang tersisa. Sekiranya ini pula lah yang menjadi pemahaman desainer yang telah berkarya selama 25 tahun itu mengenai fesyen.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2211494/perspektif-fesyen-didi-budiardjo-dalam-instalasi-sawungg