Apakah pori-pori wajah bisa benar-benar dikecilkan? Well, pertanyaan ini mungkin sering kamu lontarkan kepada diri sendiri ketika berbagai trial and error telah kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori, tapi hasilnya masih nihil. Sorry to let you down, tetapi “besarnya ukuran pori-pori merupakan masalah genetik”, ujar Dr. Debra Jaliman, dermatologist asal New York City, yang dikutip dari Real Simple. It means, kamu tidak bisa benar-benar mengecilkan ukuran pori-pori wajahmu, ladies.

But don’t lose hope karena meski begitu, kamu tetap bisa kok membuat pori-pori wajahmu terlihat lebih kecil. Ada 3 langkah ampuh yang bisa kamu lakukan untuk membuat pori-pori wajahmu terlihat kecil. Read on!
 


(1)    Bersihkan Kotoran yang Menyumbat Pori-Pori



Kotoran, minyak, dan komedo yang menyumbat pori-pori bisa membuat tampilan pori-porimu semakin membesar. Karena itu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan tampilan pori-pori wajah adalah dengan membersihkan pori-pori secara menyeluruh. 

Double Cleansing. Lakukan double cleansing menggunakan oil cleanser dan facial wash untuk bisa membersihkan kotoran dan make up secara menyeluruh. Apalagi kalau kamu tipe wanita yang hobi menggunakan make up, kamu wajib melakukan double cleansing agar tidak ada residu make up yang tertinggal di pori-pori. 

Eksfoliasi. Rutin mengeksfoliasi wajah sebanyak dua kali seminggu juga bisa membantu membersihkan pori-pori dari sel kulit mati dan kotoran yang mengendap. Kamu bisa menggunakan scrub yang gentle atau chemical exfoliator seperti beta hydroxyl acid (BHA). Selain membersihkan sel kulit mati, BHA juga terkenal mampu untuk mengeksfoliasi kulit tanpa menyebabkan iritasi, mengontrol minyak, dan membantu merawat jerawat. 

Pore Cleanser. Untuk membersihkan pori-pori secara mendalam, penggunaan alat pore cleanser seperti Panasonic Pore Cleanser EH-2513 ini juga patut kamu coba lho, Beautynesian. Berbeda dengan perawatan double cleansing dan eksfoliasi yang masih suka meninggalkan komedo dan kotoran yang menempel di dalam pori-pori, alat pore cleanser ini sangat ampuh untuk mengangkat seluruh kotoran dan komedo hingga ke bagian dalam kulit yang sulit dijangkau oleh perawatan lainnya. 
 

baca juga
source: http://www.pbbemall.com/


Panasonic Pore Cleanser EH-2513 ini akan membersihkan pori-pori wajahmu dengan cara menghisap kotoran dan komedo yang sebelumnya sulit dibersihkan karena menempel di dalam pori-pori. Nantinya, alat ini akan menyemprotkan air mikro halus yang akan membantu pergerakan tudung penghisapnya, sehingga alatnya dapat membersihkan pori-pori dengan lembut namun efektif.

Lalu, alat penghisapnya akan mengangkat seluruh kotoran dan komedo membandel, sehingga pori-pori akan menjadi lebih bersih. Selain membersihkan pori-pori, alat ini juga bisa mengangkat sebum dua kali lebih baik lho dibandingkan jika kamu hanya mencuci wajah biasa. Jadi, perawatan ini highly recommended buat kamu yang mencari cara praktis namun ampuh untuk membuat pori-pori terlihat kecil. 
 

source: http://www.megapui.com/


 

baca juga


(2)    Mengecilkan Tampilan Pori-Pori



Setelah pori-porimu sudah terbebas dari segala kotoran, komedo, dan minyak, kamu bisa lanjut ke step selanjutnya untuk mengecilkan pori-pori. Kamu bisa menggunakan skin care dengan kandungan pore tightening properties seperti retinol. “Retinol yang merupakan turunan dari vitamin A sering digunakan sebagai anti-aging dan anti-kerut. Zat ini bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit, termasuk juga mengecilkan tampilan pori-pori. Selain itu, retinol juga dapat mengurangi produksi sebum dan mengecilkan kelenjar minyak, sehingga bisa membantu membuat pori-pori terlihat kecil,” ujar celebrity’s skincare expert Renée Rouleau di salah satu wawancara dengan Marie Claire. 
 
source: http://www.refinery29.com/how-to-look-younger


 


(3)    Menjaga Pori-Pori Agar Tetap Kecil



Kalau kamu sudah berhasil mengecilkan tampilan pori-porimu, kamu juga harus menjaganya agar tidak membesar kembali. Most of the time, wanita yang merasa treatment-nya sudah berhasil suka merasa lupa kalau mereka juga tetap harus menjaga kondisi kulit agar permasalahan kulit tidak muncul kembali. Alhasil, perawatan yang selama ini dlakukan menjadi sia-sia.

Nah, untuk menjaga pori-porimu agar tetap kecil, sebaiknya selalu gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Sinar matahari ini bisa memperbesar tampilan pori-pori dengan cara merusak kolagen di dalam kulit yang merupakan salah satu zat terpenting yang menjaga kulit tetap kencang dan poreless. Karena itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen secara rutin ya agar tampilan pori-porimu tidak semakin besar. 
 
source: http://www.womentips.co/