1.  Soegija Diangkat dari Catatan Harian Mgr. Soegijapranata, SJ

Film Indonesia tentang kisah nyata ini diluncurkan pada 7 Juni 2012 lalu, film yang disutradarai oleh Garin Nugroho mengisahkan tentang uskup pribumi pertama di Hindia Belanda (Indonesia sekarang), Monsinyur Albertus Soegijapranata SJ, dari sejak ditahbiskan hingga berakhirnya perang kemerdekaan Indonesia (1940 – 1949). Satu dasawarsa penuh gejolak ini ditandai dengan akhir penjajahan Belanda, masuk dan dimulainya masa pendudukan Jepang, proklamasi.

source: https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/M/MV5BOTYyZjAzOWItNzA5My00ODUxLTllZWMtYzExMTQ4MGQ1ZDZjXkEyXkFqcGdeQXVyMzQ2MTY3MDQ@._V1_UY268_CR5,0,182,268_AL_.jpg


 

2. GIE Diangkat dari Kisah Tokoh Soe Hok Gie

Film yang disutradarai Riri Riza ini mengisahkan seorang tokoh bernama Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam. Film Indonesia tentang kisah nyata ini diangkat dari buku catatan Seorang Demonstran karya Gie sendiri.

Dalam film tersebut Soe Hok Gie dibesarkan keluarga keturunan Tionghoa yang sederhana dan berdomisili di Jakarta. Sejak remaja, Hok Gie sudah mengembangkan minat terhadap konsep-konsep idealis yang dipaparkan oleh intelek-intelek kelas dunia. Hok Gie memiliki semangat pejuangnya dan kepedulian terhadap sesama dan tanah air membentuk dirinya menjadi pribadi yang tidak toleran terhadap ketidakadilan. Dan ia mengimpikan Indonesia yang didasari oleh keadilan dan kebenaran yang murni.

source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/1/13/Gie_film_poster.jpg


 

baca juga

3. Sang Pencerah Diangkat dari Kisah Ahmad Dahlan

Film Indonesia tentang kisah nyata ini berupa drama yang dirilis tahun 2010 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini berdasarkan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Film ini dibintangi oleh aktris dan aktor Indonesia.

Film ini mengangkat sejarah tentang toleransi, koeksistensi (bekerjasama dengan yang berbeda keyakinan), kekerasan berbalut agama, dan semangat perubahan yang kurang. Sang Pencerah mengungkapkan sosok pahlawan nasional itu dari sisi yang tidak banyak diketahui publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, ia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.

source: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/c7/Sang_Pencerah.jpg/220px-Sang_Pencerah.jpg


 

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto Diangkat dari Bografi Tjokroaminoto

Guru Bangsa: Tjokroaminoto adalah film drama Indonesia yang terbit pada tahun 2015. Film Indonesia tentang kisah nyata yang ini disutradarai oleh Garin Nugroho dan diproduseri Christine Hakim. Film yang menceritakan biografi tokoh gagak nasional Tjokroaminoto ini menghadirkan beberapa aktor / aktris yang terlibat dalam film ini antara lain Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tedjo, Maia Estianty, dan lain-lain.

Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar kala itu, jadi bisa mencapai 2 juta anggota. Ia berjuang menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera di awal 1900 yang terjajah. Perjuangan menjadi benih lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

source: http://4.bp.blogspot.com/-3tEihl68slg/VaxHkPjfEQI/AAAAAAAAFIA/FNdrxRa6fX8/s1600/INA.jpg


 

baca juga

5. Habibie & Ainun Diangkat dari Kisah BJ. Habibie & Ainun

Film ini diangkat dari memoar yang ditulis Habibie mengenai mendiang istri, Hasri Ainun Habibie, dalam buku Habibie dan Ainun. Ini adalah film Indonesia tentang kisah nyata yang terbit pada 20 Desember 2012 dibintangi oleh Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari dan Tio Pakusadewo. Rudy Habibie sosok genius ahli pesawat terbang ingin berbakti pada bangsa indonesia. Sementara Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya. Pada tahun 1962, mereka bertemu lagi di Bandung dan saling jatuh cinta. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.

source: http://4.bp.blogspot.com/-0uI2IjD5LJ4/UNtF9jPMvMI/AAAAAAAAC88/fDFciWDfDh4/s400/poster+film+ainun-habibie.png