Traveling dengan kereta api memang sudah menjadi pilihan banyak orang. Selain harganya murah, fasilitasnya pun sudah sangat nyaman. Tak hanya itu, kini bahkan sudah sangat mudah membeli tiket karena telah tersedia di minimarket. Jadi, buat yang tidak mengerti cara membeli tiket secara online bisa ke minimarket dan membelinya disana.

Bahkan, kini sudah tidak ada lagi para pedangan asongan yang berjualan di dalam kereta, seluruh penumpang pun mendapatkan kursi masing-masing dan bahkan ruangannya pun sudah dilengkapi dengan AC. Sungguh sangat berbeda bukan dengan kereta api jaman dulu. Maka tak heran banyak orang yang beralih menggunakan kereta api dibanding dengan transportasi lainnya.
 
Tapi, sebelum memutuskan untuk membeli tiket kereta. Sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan masing-masing kelas, seperti kelas ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Namun, kali ini beautynesia akan membahas mengenai kelemahan dan kelemahan kereta api kelas ekonomi dan eksekutif, berikut di antaranya:


 

1. Kereta Api Kelas Eksekutif


Kalau soal kenyamanan, sudah pasti kereta api kelas eksekutif sangatlah nyaman dengan fasilitas yang sangat bagus dibanding dengan kelas bisnis dan ekonomi. Penumpang akan mendapatkan selimut serta bantal kecil, tak hanya itu dalam setiap gerbong juga terdapat televisi agar penumpang tidak bosan. Kelebihan lainnya yang ada pada kereta api kelas eksekutif ini yakni penumpang dapat menyenderkan kursi ke belakang dan jarak antara kursi juga relatif jauh, sehingga kamu dapat meluruskan kaki dan tentunya akan membuat kamu lebih nyaman karena tidak merasa pegal walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup lama.
 
Akan tetapi, kekurangan yang dimiliki oleh kereta api kelas eksekutif ini adalah harganya yang cukup mahal. Bahkan seringkali harga kereta api kelas eksekutif tidak jauh berbeda dengan pesawat. Banyak orang yang beralih ke pesawat karena alasan waktu yang lebih cepat, namun ada juga yang tetap setia memilih kereta api. Tetapi, harga sebanding dengan fasilitas yang berikan.

source: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2016/02/kereta-api-eksekutif.jpg


 

baca juga

2. Kereta Api Kelas Ekonomi


Kelebihan utama yang dimiliki oleh kereta api kelas ekonomi tak lain adalah soal harga. Bahkan ada beberapa tiket yang harganya di bawah 100 ribu rupiah. Wah, sangat murah bukan. Tak heran, jika tiket untuk kereta api kelas ekonomi seringkali sold out. Bahkan, banyak orang yang harus membeli tiket dari beberapa bulan sebelumnya.
 
Nah, akan tetapi kekurangannya itu terletak pada kursinya. Berbeda dengan eksekutif, dimana penumpang dapat menyenderkan kursi ke belakang dan tidak berhadapan dengan orang lain. Hal itu tidak berlaku untuk kereta api kelas ekonomi ini. Bangkunya relatif tegak dan kamu juga harus duduk berhadapan dengan orang lain. Akan tetapi, saat ini kereta api kelas ekonomi sudah memiliki fasilitas AC. Jadi, dijamin kamu tidak akan kepanasan.

source: https://i.ytimg.com/vi/Btryjx6bixI/maxresdefault.jpg

Itu dia kekurangan dan kelebihan kereta api kelas ekonomi dan juga eksekutif. Sudah tahu mau traveling dengan kelas mana?