Saat ini kereta api sudah sangat berbeda dengan dahulu. Jika dulu kita sering melihat banyaknya pedagang asongan yang berjualan di dalam kereta dan bahkan seringkali ditemu kereta penuh sesak dengan banyaknya penumpang yang tidak mendapatkan kursi. Kali ini aturan sudah berubah, dimana sudah tidak ada lagi pedangan asongan maupun penumpang yang berdiri.

Kereta api kelas Ekonomi sekarang sudah hampir sama dengan kelas Eksekutif, semuanya sudah memiliki AC dan tempat duduk yang lebih nyaman dan baik. Tak heran, banyak orang berbondong-bondong memilih traveling menggunakan kereta.
 
Nah, agar liburan kamu semakin menyenangkan. Yuk, simak tips nyaman traveling dengan kereta api, berikut:

source: http://www.fodors.com/news/this-map-series-shows-how-far-you-can-travel-by-train-in-one-day-12176


 

1. Menggunakan Pakaian yang Nyaman


Ini merupakan tips nyaman traveling dengan kereta api yang paling utama. Selama perjalanan kamu disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan hangat. Berbeda dengan pesawat terbang yang hanya membutuhkan waktu sebentar. Traveling dengan kereta api membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi, bagi kamu yang memilih perjalanan malam. Jangan lupa untuk membawa selimut atau jaket. Sebaiknya jangan menggunakan dress atau heels. Menggunakan t-shirt, jeans dan sneakers adalah pakaian yang sangat disarankan


 

baca juga

2. Membawa Buku Bacaan atau Alat Pemutar Musik


Waktu yang lama seringkali membuat kamu bete, apalagi jika teman kamu sudah nyenyak tidur. Daripada bengong sebaiknya kamu membaca buku atau mendengarkan musik sembari menutup mata. Cara tersebut diyakini sangat ampuh untuk mengusir kejenuhan selama perjalanan dan membuat kamu nyaman tentunya. Karena itu, jangan lupa untuk membawa novel atau komik kesayangan kamu dan mengisi full daya batrai mp3 atau handphone kamu untuk mendengarkan musik. Yeay.. happy traveling ladies!

source: https://giphy.com/search/travel-train-traveller


 

3. Menikmati Pemandangan


Jika kamu traveling ke Pulau Jawa, kamu akan suguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah selama perjalanan. Karena itu, jangan sampai ya kamu melewatkan pemandangan tersebut. Menikmati pemandangan akan membuat hati menjadi bahagia dan membuatmu lebih bersemangat untuk berlibur.


 

baca juga

4. Membawa Barang Seperlunya


Nah, ini yang cukup susah ya ladies. Kebanyakan wanita itu kalau traveling seringkali membawa barang yang bahkan tidak perlukan. Terlebih lagi pakaian segunung yang tidak semuanya terpakai. Sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak, agar kamu tidak kesulitan saat akan menaikkan dan menurunkan tas kamu. List barang apa saja yang kira-kira dibutuhkan, selain itu kamu juga perlengkapan mandi yang memang dikhususkan untuk traveling.


 

5. Membawa Camilan


Perjalanan kereta dengan jarak jauh akan membuat kamu lapar. Sebaiknya bawalah camilan sekucupnya, karena saat ini sudah tidak ada lagi pedangan asongan yang diperbolehkan berjualan di dalam kereta.

source: http://rebloggy.com/post/gif-city-train-view-travel-speed-fast-lane-traveling-beautiful-view/88422179937