Simit

Pada pandangan pertama, jajanan pinggir jalan ini mungkin kurang menarik perhatian. Simit adalah roti berbentuk lingkaran yang ditaburi poppy seed atau wijen, kemudian dipanggang. Tunggu sampai kamu mencium aroma wangi nan gurih dari simit yang baru dipanggang. Umumnya, simit disajikan bersama tomat, buah zaitun dan keju. Namun kamu dapat menyantapnya tanpa isian apapun.

source: http://www.fethiyetimes.com/magazine/18647-turkish-street-food-simit.html


 

baca juga

Kumpir

Kumpir adalah sebutan bagi kentang panggang khas Turki, yang disajikan dengan beberapa macam isian. Kumpir leboh cocok dimakan beramai-ramai, karena ukurannya cukup besar. Kentang ditutup dengan alumunium foil dan dipanggang dalam oven khusus. Isinya kemudian dihaluskan bersama mentega dan keju kaşar. Ada beragam isian yang tersedia: mayones, saus tomat, acar, jagung manis, sosis, dan bahkan salad!

source: http://istanbul.for91days.com/2013/04/30/istanbul-quick-eats-kumpir-cig-kofte-soggy-burgers/


 

Pide

Di beberapa negara, pide dikenal sebagai pita, yaitu roti gandum yang datar dan bulat. Jajanan pinggir jalan khas Turki ini rasanya mirip dengan pizza, namun memiliki celah seperti kantong. Kamu dapat memilih beragam isian, seperti sosis pedas, daging domba cincang, atau keju. Karena rotinya tipis, maka isian pide benar-benar terasa. Nikmati selagi hangat.

source: https://www.giverecipe.com/pide-stuffed-with-beef/


 

baca juga

Dondurma

Mungkin kamu tak pernah membayangkan akan dikerjai oleh pedagang es krim. Jangan takut, karena keunikan dondurma yang menjadi daya tarik adalah pertunjukan kecil yang dilakukan sang penjual dengan memainkan tongkat serta cone es krim. Es krim Turki bukanlah esk krim biasa. Selain susu, krim dan gula, maraş dondurması yang otentik mengandung campuran akar anggrek liar yang memberinya tekstur elastis, agar mudah direntangkan. Jangan kaget kalau pedagang dondurma kemudian memberimu segumpal besar es krim, ya!

source: http://stylemagazines.com.au/travel/istanbul-just-doner-kebab-alana-lowes/