Oat

Supaya tetap segar dan berenergi selama puasa, kamu perlu menjadikan oat sebagai menu santap sahur. Ini karena oat merupakan makanan berserat tinggi yang lebih tahan lama di perut, jadi kamu enggak akan cepat lapar selama puasa. Kamu juga bisa menambah buah favorit ataupun susu untuk menambah selera. Manfaat oat di antaranya: mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta menjaga berat badanmu, Beautynesian.

source: https://id.pinterest.com/pin/105764291227566592/



Yogurt

Seperti di hari-hari biasa, kita juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin tubuh selama berpuasa. Nah, untuk itu, kita bisa menikmati yoghurt ketika sahur. Yogurt memiliki beragam khasiat, salah satunya mampu menyehatkan pencernaan. Selain itu, yogurt sarat akan vitamin dan nutrisi, seperti vitamin B12 dan B5, yang akan mempertahankan sel darah merah, dan menyeimbangkan fungsi saraf. Dengan mengonsumsi yogurt, kebutuhan vitamin tubuhmu akan terjaga selama berpuasa.

source: https://id.pinterest.com/pin/25192079142486218/
baca juga



Telur

Selain oat dan yogurt, kamu juga bisa menambahkan telur ke dalam daftar menu sahur, lho. Telur mengandung protein tinggi, kaya nutrisi dan vitamin, seperti vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium dan zync. Manfaat telur di antaranya, baik untuk kesehatan mata, baik untuk perkembangan otak, membantu menurunkan berat badan. Dan tentunya, telur mampu membuat kita kenyang lebih lama selama berpuasa. Telur bisa disajikan dengan beragam varian: telur dadar, orak-arik ataupun mata sapi. Semuanya pasti yummy!

source: https://id.pinterest.com/pin/113012271880359052/



Kurma

Berbuka puasa dengan buah-buahan sangat disarankan. Salah satu buah yang perlu dinikmati saat berbuka adalah kurma, yang mampu membantu tubuh terhidrasi kembali dengan cepat sekaligus menyuplai energi yang membuat tubuh kembali segar setelah seharian berpuasa. Selain dikenal dengan rasa manisnya yang lezat, kurma juga mengandung kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan.

source: http://cookdiary.net/kurma/
baca juga



Sayur-sayuran

Terakhir, makanan sahur dan buka puasa yang disarankan adalah sayuran. Kamu bisa menyajikan sayuran kaya serat seperti selada, kubis, bayam atau brokoli untuk melengkapi sajian buka puasa. Sayuran tersebut mampu menjaga kesehatan pencernaan karena kaya kan serat dan menjadi sumber vitamin bagi tubuh serta mampu meningkatkan sistem imunmu, Beautynesian.

source: http://www.dole.com/en/products/categories/fresh-vegetables