Atur Pola Makan Saat Sahur dan Berbuka Puasa


Aktivitas selama puasa agar tidak lemas yang pertama adalah atur pola makan saat sahur dan berbuka puasa. Rasa lemas yang timbul saat berpuasa datang dari tubuh yang kekurangan energi karena tidak makan seharian.

source: https://www.penabiru.com/makanan-yang-mengandung-karbohidrat/

Oleh karena itu, saat sahur dan berbuka puasa, kamu perlu memaksimalkan asupan gizi yang pas untuk memenuhi kebutuhan energi saat berpuasa. Mengonsumsi protein dan karbohidrat kompleks adalah salah satu kunci utamanya. Yuk, dicoba!


Berolahraga dan Relaksasi


Selain karena asupan energi yang kurang, rasa lemas juga dapat timbul karena kadar oksigen yang masuk ke otak sedikit. Melakukan olahraga ringan dan relaksasi akan menjadi solusi untuk hal ini. Kamu dapat melakukan olahraga ringan di pagi hari, atau melakukan senam ringan saat siang hari. Peregangan tubuh serta menarik nafas dalam dan panjang akan membuat kamu segar kembali.

source: https://www.elmina-id.com/temukan-tips-alami-memperbanyak-asi/


 

baca juga

Membuat Target Harian


Selama Ramadhan, cobalah untuk membuat target untuk tiap kegiatan yang kamu lakukan. Target yang dibuat dapat berupa target mingguan dan target harian. Membuat target seperti ini dapat membuat kamu lebih fokus dalam menyelesaikan semua pekerjaan atau bahkan ibadah yang ingin kamu tingkatkan selama bulan suci. Berikan apresiasi jika kamu mencapai target dengan baik. Seru, bukan?

source: https://pinterest.id


 

Mengisi Waktu Istirahat dengan Tidur Siang


Daripada bengong dan melamun, lebih baik mengisi waktu istirahat dengan tidur siang. Memejamkan mata sejenak akan membantu kamu mendapatkan kembali energi untuk melakukan aktivitas hingga waktu berbuka puasa.

source: https://hellosehat.com/6-manfaat-tidur-siang-untuk-pekerja-kantoran/

Cukup dengan 30-45 menit tidur siang kamu akan kembali segar dan fokus dalam beraktivitas. 

 

baca juga

Bermain Games


Melakukan kegiatan yang terlalu serius dapat membuat kamu menjadi malas dan lemas. Sesekali, cobalah untuk menyisipkan permainan dalam aktivitas harianmu. Membawa monopoli atau congklak akan menjadi penghibur dan penyemangat kamu dalam beraktivitas. Yuk, dicoba!

source: https://gopena.com/cara-bermain-congklak/