Mencari Komunitas Muslim Terdekat


Berpuasa memang bukan hal yang cukup mudah. Apalagi jika harus berada di lingkungan yang kebanyakan orang tidak berpuasa. Dibutuhkan keimanan dan tekad yang tinggi untuk tetap menjalankan ibadah puasa. Namun, kamu pasti tidak mau ketinggalan momen di bulan suci setahun sekali ini, kan? Tips seru tetap menjalankan puasa di luar negeri yang perlu kamu lakukan pertama-tama adalah mencoba untuk mencari komunitas muslim terdekat. Disana kamu akan menemukan saudara seiman yang dapat memberikan support untuk terus meningkatkan ibadah di bulan berkah ini.

source: http://harvardmagazine.com/2011/09/the-veils-revival


Membawa Bahan Masakan Khas
Tidak ada lagi yang lebih dikangenin selain makanan khas saat puasa. Opor ayam, sambel goreng, atau gorengan saat sahur dan berbuka puasa. Membawa bumbu instan dapat menjadi solusi ringkas untuk kamu yang ingin menyantap makanan tanah air selama berpuasa. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kue kering khas lebaran yang biasanya sudah mulai dilirik di hari-hari terakhir puasa.
baca juga



Buat Target Ramadhan


Walaupun berada di luar negeri, membuat target Ramadhan tidak boleh ketinggalan. Apalagi biasanya target Ramadhan selalu membuat kita terpacu untuk meningkatkan ibadah selama berpuasa. Walaupun tidak bersama keluarga, moment Ramadhan sendiri di negeri orang seharusnya dapat membuat kamu fokus dalam beribadah. Apalagi kamu tidak perlu khawatir harus bolong tarawih karena ada buka puasa bersama.

source: https://goo.gl/images/hBqaXq


Sempatkan Untuk Menonton Ceramah Online
Mendengarkan Islamic lecture juga dapat menjadi solusi untuk kamu yang menginginkan asupan ilmu-ilmu keagamaan. Cari juga referensi mengenai hikmah dan manfaat berpuasa agar kamu menjadi lebih semangat dalam berpuasa.
source: https://www.qf.org.qa/content/qf-telegraph/issue-143/instilling-lessons-ramadan-everyday-life
baca juga



Ceritakan Tentang Ramadhan Pada Temanmu


Walaupun berbeda keyakinan, menceritakan tentang bulan suci kepada temanmu akan membuat kamu semakin bersemangat dalam beribadah. Tidak jarang mereka akan memberikan support untukmu menjalankan ibadah puasa setiap harinya. 

source: https://goo.gl/images/7Xsw44