Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur:

1. Karbohidrat Olahan


Kamu harus menghindari menyajikan makanan karbohidrat olahan saat santap sahur. Ini karena makanan tersebut hanya tahan 3-4 jam dan tidak memiliki kandungan gizi yang cukup. Jenis-jenis makanan kabohidrat olahan seperti gula, tepung, mie instan dan donat juga dapat mengakibatkan menumpuknya lemak di tubuh.

source: http://damndelicious.net/2015/12/27/asian-garlic-noodles/


 

baca juga

2. Makanan Asin


Selama santap sahur, hindari makanan asin karena mampu membuat kadar sodium di tubuh menjadi tidak seimbang. Hasilnya, kamu akan mudah haus selama berpuasa. Karena itu, kamu hindari makanan asin, seperti keripik, acar dan juga kacang asin.
 

source: https://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/10/01/10-makanan-yang-harus-dihindari-jika-ingin-berat-badan-anda-turun/diet-kacang-asin/


 

3. Makanan Pedas


Kamu pecinta makanan pedas? Sebaiknya, singkirkan dulu menu makanan pedas selama sahur. Alasannya, karena makanan pedas bisa menimbulkan rasa haus selama kita berpuasa. Apalagi, makanan pedas bisa menyebabkan perus mulas dan meningkatkan kadar asam lambungmu.

source: http://greatideas.people.com/2014/03/13/science-behind-spicy-foods/


 

baca juga

Makanan yang Harus Dihindari Saat Buka Puasa

1. Makanan yang Terlalu Manis


Berbuka dengan yang manis memang disarankan, tapi ingat ladies, jangan terlalu banyak dan hindari jenis makanan yang terlalu manis. Karena jika terlalu manis cenderung tinggi kalori tetapi memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Makanan seperti permen, kue kering atau minuman dengan pemanis buatan sebaiknya kamu hindari dulu sebab jenis olahan yang terlalu manis juga dapa meningkatkan kadar gula dalam darah.

source: https://hellosehat.com/makanan-manis-menyebabkan-gigi-berlubang/


 

2. Makanan Berminyak
Bagi penikmat makanan berminyak, wajib hukumnya untuk menghindari makanan tersebut selama berbuka puasa. Gorengan, jeroan, dan makanan bersantan harus disingkirkan dari daftar menu buka puasamu. Makanan-makanan berminyak tersebut bisa membuat kadar kolesterol dan lemak tubuh kamu meningkat dan hal itu akan mengganggu kondisi kesehatan kamu, ladies.
source: http://blog.primera52.co.id/gorengan-paling-terkenal-indonesia/


 

3. Minuman Berkarbonasi


Minuman berkarbonasi memiliki kandungan gula dan gas yang tinggi. Sebaiknya perbanyak minum air putih untuk mengganti cairan tubuhmu yang hilang setelah seharian berpuasa atau minum air kelapa dan jus buah yang memiliki vitamin yan baik untuk kesehaan tubuhmu.

source: http://assets-a1.kompasiana.com/items/album/2017/05/02/kompasiana-minum-soda-fix-590844444523bd9a35a91f64.png?t=o&v=1200


 

4. Makanan Cepat Saji


Alasan praktis dan rasa yang memang lezat menjadi penyebab makanan cepat saji menjadi pilihan saat berbuka puasa, terutama saat berbuka di jalan. Tapi kamu harus hati-hati lho jika mengonsumsi makanan fast food karena makanan seperti french fries, burger, hotdog memiliki kalori tinggi dan juga rendah nutrisi sehingga bisa menyebabkan naiknya berat badan selama puasa.

source: https://www.medibank.com.au/livebetter/how-unhealthy-is-fast-food/


 

Itulah 8 jenis makanan sahur dan buka puasa yang dihindari. Yuk, mulai sekarang konsumsi makanan yang kaya gizi untuk mengoptimalkan puasa kita!