Buatlah Itinerary yang Lengkap


Rancang rencana perjalananmu sejelas dan selengkap mungkin. Tuliskan waktu keberangkatan, waktu sampai, lama perjalanan, dan tentunya daftar destinasi yang akan kamu kunjungi. Hindari untuk melakukan perjalanan impulsif karena kamu akan kerepotan untuk memastikan semua kebutuhan yang perlu kamu siapkan. 

source: https://restisasti.com/tips-membuat-itinerary-untuk-traveling/

Membuat rancangan anggaran juga penting. Walaupun kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang, kamu tidak boleh lepas kontrol untuk hal ini.

 

Walaupun Berpuasa, Bawalah Air Minum dan Kurma


Membawa air minum dan kurma akan sangat berguna jika kamu ternyata harus membatalkan puasa saat masih dalam perjalanan dan belum tiba di destinasi. Selain tidak merepotkan, kurma akan memberikan kamu energi lebih saat harus melanjutkan perjalanan setelah seharian berpergian tanpa makan dan minum.

source: https://maknaislam.wordpress.com/2014/06/


 

baca juga

Siapkan Perlengkapan Sholat


Membawa perlengkapan sholat yang mudah dan ringan sangat penting untuk memudahkan kamu saat akan beribadah. Kamu bisa saja singgah ke mushola yang tidak menyediakan mukena atau sajadah bersih. Membawa mukena berbahan parasut sangat disarankan untuk kamu yang akan pergi traveling.

source: https://www.tokopedia.com/korinakaryahasta/mukena-katun-jepang-korina-sajadah-travel-buttercup-dark-grey


 

Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat


Hindari menggunakan pakaian yang berbahan panas. Selain membuat kamu mudah berkeringat, pakaian ini dapat membuat kamu cepat haus jika harus berjalan di daerah yang panas. Selain itu, pilihlah pakaian yang membuat kamu mudah bergerak. Hindari menggunakan rok berlapis-lapis selama perjalanan.

source: https://id.pinterest.com/missjunestyle/traveling-style/


 

baca juga

Sedia Payung Sebelum Hujan dan Panas


Saat berpuasa, panas matahari seringkali menjadi ujian terberat untuk menahan dahaga. Untuk menghindarinya, bawalah payung kecil untuk melindungi tubuhmu dari paparan langsung sinar matahari. 

source: https://www.shutterstock.com/video/clip-3142366-stock-footage-beautiful-young-muslim-women-wearing-scarf-under-colorful-umbrella-isolated-beach-view-at-the.html

Pastikan kamu berjalan dengan santai dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berat jika kamu sedang berada di luar ruangan. Nikmati setiap moment perjalanan yang kamu lakukan tanpa harus terburu-buru dan kelelahan.