Botol Minum Berisi Air Putih
Barang wajib yang harus dibawa traveling saat puasa yang pertama adalah botol minum yang berisi air putih. Botol minum berisi air putih saat berguna jika kamu terpaksa harus membatalkan puasa di jalan. Pastikan kamu membawa botol minum ya, karena kamu dapat dengan mudah kapanpun mengisi ulang botol minum kamu. Selain itu, pastikan kamu mengisinya dengan air putih. Jika kamu mengisinya dengan minuman manis, kamu akan membuat botol itu kotor. Selain itu, kamu akan mudah haus jika kamu hanya membawa minuman dengan rasa. Nabi juga lebih menganjurkan kita untuk berbuka dengan air putih, lho!
source: http://www.thegreenhead.com/2013/02/bobble-hot-clear-insulated-travel-mug.php



Kurma untuk Takjil


Bersiap untuk keadaan darurat saat Maghrib di jalan adalah hal penting yang harus kamu persiapkan. Pastikan kamu membawa serta kurma dalam tas kamu. Selain tidak berat, kurma juga merupakan buah yang awet. Jika kamu berpergian cukup lama, buah kurma tidak akan busuk, kok!

source: http://www.baguskali.com/2017/02/21/ini-dahsyatnya-buah-kurma-menurut-al-quran-dan-sains/
baca juga



Perlengkapan Sholat dan Kompas


Pastikan kamu membawa perlengkapan sholat yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Jangan sampai kamu meninggalkan ibadah karena puasa kamu akan sia-sia nantinya. Bawa juga kompas untuk mencari arah kiblat sholat. Insya Allah perjalanan kamu berkah, deh!

source: http://www.hipwee.com/wedding/6-makna-mahar-seperangkat-alat-sholat-sederhana-tapi-tahukah-tanggung-jawabnya/



Multivitamin dan Obat-obatan


Risiko sakit dapat terjadi dimana saja. Pastikan kamu selalu memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dan cukup untuk perjalanan yang panjang. Bawalah multivitamin dan obat-obatan untuk selama di perjalanan. Minumlah saat sahur dan berbuka agar kamu tetap fit selama di perjalanan.

source: http://kataloggeografi.blogspot.co.id/2014/08/peranan-hewan-sbagai-bahan-obat-obatan.html
baca juga
Persiapan Makanan untuk Sahur
Memang lebih baik jika kamu dapat memperkirakan waktu sahur yang tepat saat di perjalanan sehingga kamu dapat memperkirakan dimana kamu akan makan sahur. Namun, jika ternyata keadaan yang kamu hadapi cukup darurat, pastikan kamu membawa makanan instan untuk sahur. Jika memungkinkan bawalah mie instan, tetapi jika tidak dapat memasak, kamu dapat membawa biskuit, roti, atau crackers.
 
source: http://www.tribunnews.com/bisnis/2014/07/08/pertumbuhan-ekspor-biskuit-tembus-30-persen


 

Pakaian Ganti


Pastikan pakaianmu selalu bersih selama diperjalanan. Apalagi jika kamu harus melaksanakan sholat tarawih di masjid yang kamu singgahi. Jangan sampai kamu terlihat kotor apalagi bau. Siapkan salinan pakaian untuk melaksanakan ibadah, ya!

source: http://tabloidnyata.com/5-benda-yang-harus-dibawa-saat-travelling/