Jam Puasa yang Berbeda


Hal pertama yang membuat berpuasa di luar negeri sangat menantang adalah jam puasa yang berbeda dengan jam puasa di Indonesia. Pernah kah kamu membayangkan berpuasa lebih dari 16 jam? Itulah yang terjadi di beberapa daerah yang memiliki waktu siang lebih panjang dari malam. Apalagi jika bulan Ramadhan jatuh pada musim panas. Jadi, bagi kamu yang akan berpergian ke luar negeri saat bulan Ramadhan, bersiap ya!

source: https://goo.gl/images/tEwSkV


 

Sahur Sunyi Namun Hikmat


Jika kamu biasa dengan suara bedug keliling yang dilakukan anak-anak masjid untuk membangunkan sahur, jangan harap dapat mendengarnya saat kamu berpuasa di luar negeri. Namun, kesunyian yang kamu rasakan sebenarnya dapat menambah kekhusyukan dalam menyantap makan sahur. Apalagi jika kamu berada di kota yang penuh dengan hiruk pikuk kegiatan yang tidak henti seharian. Malam hari saat sahur adalah waktu yang tepat untuk relaksasi diri menikmati kesunyian.

source: https://goo.gl/images/z5tg5O


 

baca juga

Berbuka Tanpa Takjil Khas Indonesia


Jangan bayangkan gorengan, kolak pisang, es kelapa, dan lontong saat kamu berpuasa di luar negeri. Mendapatkan nasi dan lauk yang halal sudah harus sangat kamu syukuri. Akan tetapi, jangan sedih. Kamu dapat mencoba beragam makanan khas negara-negara yang kamu singgahi saat Ramadhan. Suasana puasa di luar negeri akan penuh dengan hal baru yang unik dan menyenangkan.

source: https://goo.gl/images/Ks5Iti


 

Tarawih di Apartemen


Jangan bayangkan keramaian malam yang penuh dengan lantunan ayat suci al-Quran dan suara canda anak-anak kecil yang bermain sambil menunggu waktu tarawih di masjid. Di luar negeri, khususnya di negara yang berpenduduk muslim minoritas, kamu harus membiasakan diri untuk sholat tarawih di apartemen bersama kerabat muslim terdekat. Jika kamu beruntung dan mendapatkan lokasi tinggal dekat dengan masjid, kamu akan mendapat kesempatan untuk sholat tarawih berjamaah dengan saudara seiman dari berbagai kewarganegaraan. Niat untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadhan tidak boleh kendur, ya!

source: https://twitter.com/hashtag/tarawih


 

baca juga

Berkumpul dengan Kawan Tanah Air di Kantor Kedutaan


Jika kamu sangat merindukan suasana Ramadhan, berkunjung ke kedutaan Indonesia adalah solusi yang tepat. Kamu dapat merasakan suasana Ramadhan di sana. Selain itu, kedutaan adalah lokasi sasaran para umat Islam yang harus merayakan lebaran di luar negeri. Selain silaturahim dengan saudara sebangsa dan setanah air, datang ke Kedutaan Indonesia akan menghilangkan rasa rindu dengan cita rasa khas lebaran tanah air.

source: https://goo.gl/images/UVlzM2