Kamu mahasiswa yang sebentar lagi akan memasuki dunia kerja? Tentunya tahap pertama yang perlu kamu lewati setelah mengirim lamaran yaitu tahap wawancara kerja. Tahap ini merupakan tahap krusial yang penting untuk kamu memberikan kesan menarik dan profesional bagi recruiter, dimanapun tempat kamu melamar. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan penampilanmu sebaik mungkin, terutama dalam hal berpakaian! Berikut ini ada tips baju untuk wawancara kerja yang stylish di berbagai perusahaan dan bidang pekerjaan yang berbeda.
 

Startup/Tech Company

Perusahaan startup biasanya memiliki banya karyawan muda dan menganut budaya yang tidak terlalu formal alias kasual. Tapi walaupun kasual, bukan berarti kamu bisa memakai kaos saat interview ya, Ladies. Kamu bisa lupakan padanan membosankan seperti blazer dan rok pensil, dan kenakan pakaian yang sedikit lebih kasual tetapi tetap rapi dan sopan, seperti padanan kemeja denim dengan flare skirt, ataupun blazer dengan peg trouser.

source: http://www.jessannkirby.com/2015/05/white-midi-skirt-and-chambray-button-down.html


Creative Job

Level kreativitasmu bisa dinilai dari jenis pakaian yang kamu kenakan saat wawancara untuk posisi pekerjaan di industri kreatif lho! Untuk itu jangan ragu bereksperimen dan ekspresikan dirimu melalui gaya yang sesuai dan nyaman. Kamu bisa mengenakan celana jeans berwarna gelap ataupun dress dengan heels tertutup.
 

source: https://id.pinterest.com/pin/299067231490304597/
<baca juga>


Corporate Job

Ketika ingin memasuki perusahaan dengan budaya korporat yang lebih formal, sebaiknya kamu stick with neutrals ya Ladies. Hindari baju dengan warna cerah, ataupun motif dan aksesoris yang terlalu berlebihan. Hal ini untuk menunjukan image yang lebih profesional di mata klien. Tapi untuk tetap tampil stylish dan tidak boring, kamu bisa tambahkan item lain yang bisa menonjolkan penampilanmu, seperti dress, vest, wide leg pants, tas tangan, ataupun heels dengan berbagai model.
 

source: https://id.pinterest.com/pin/460282024405591715/


Fashion Job

Menjalani pekerjaan di dunia fashion bukan berarti kamu harus tampil lebay dengan semua barang tren yang ada di lemari. Tampil simpel juga bisa menjadi stylish kok dengan kombinasi dan padanan baju yang tepat. Kamu juga bisa menlengkapi gayamu dengan aksesoris pelengkap. Kuncinya yaitu untuk tetap stylish tetapi juga appropiate, misalnya dengan padanan kulot dan heels, ataupun button-front skirt dan ankle boots.
 
 

source: https://id.pinterest.com/pin/387520742926614172/