Komedo yang merupakan jenis jerawat ringan ini muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan kelenjar minyak pada kulit sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Meskipun jerawat ringan, namun komedo terutama pada wajah akan mengganggu penampilan dan membuat makeup kamu tidak menempel sempurna. 

source: http://www.kabarmaya.co.id


 

Macam-macam Komedo

Sebelum mengetahui cara pencegahan komedo agar tidak muncul lagi, kamu perlu tahu macam-macam dari komedo.

  1. Komedo tertutup atau komedo putih atau whiteheads yang merupakan jenis komedo di mana folikel rambut sepenuhnya tersumbat.
  2. Komedo terbuka atau komedo hitam atau blackheads yang merupakan jenis komedo yang bereaksi dengan udara sehingga menyebabkan warnanya menghitam.
  3. Mikrokomedo, adalah komedo yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata.
  4. Makrokomedo, yaitu komedo putih yang mempunyai diameter 2-3 mm.
  5. Komedo raksasa, merupakan sejenis kista dan terdapat ujung terbuka berwarna hitam di atasnya.
  6. Komedo solar, adalah komedo yang terjadi akibat paparan sinar matahari dan sering muncul di area pipi serta dagu para lansia.
source: http://www.peoplehope.com


 

baca juga

Cara Mencegah Komedo Agar Tidak Datang Lagi

Cara mencegah komedo datang lagi sebenarnya sederhana saja, Beautynesian. Pertama yang harus kamu tahu adalah penyebabnya. Jika kamu sudah tahu penyebabnya, maka akan lebih mudah mengetahui cara apa saja yang bisa kamu terapkan untuk mencegah komedo datang lagi. Kamu bisa pilih salah satu cara berikut ini setelah tahu apa penyebabnya:

  1. Bersihkan wajah secara teratur, membersihkan wajah secara teratur setelah beraktivitas seharian adalah wajib hukumnya. Hal ini sebenarnya tidak hanya untuk mencegah komedo datang lagi tapi akan membuat wajah kamu lebih sehat tentunya. Membersihkan wajah berarti kamu menyingkirkan penumpukan minyak dan kotoran yang dapat menyebabkan munculnya komedo. Lakukan double cleansing dan pilih sabun muka yang formulanya ringan. Cukup bersihkan wajah 2x sehari dan jangan berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi. Pastikan wajah kamu bersih dari kotoran dan sisa makeup ketika tidur ya, Beautynesian!
  2. Pilihlah produk kecantikan yang tidak menimbulkan komedo (noncomedogenic), terlebih jika kulit kamu memang sudah bermasalah dengan komedo dan jerawat. 
  3. Gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak, selain memilih yang noncomedogenic, kamu juga harus memilih kosmetik yang tidak mengandung minyak karena hal ini dapat memperparah komedo.
  4. Menggunakan produk untuk mengikis sel kulit mati, produk yang dimaksud kali ini seperti sabun muka, scrub dan masker wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Pilih formulanya yang ringan sehingga tidak menimbulkan iritasi.
  5. Pilih makanan yang sehat, hindari junk food, alkohol, kafein dan makanan yang banyak mengandung minyak.
source: http://hariansehat.com

Nah, mudah bukan cara mencegah komedo datang lagi. Jangan lupa selalu lakukan pencegahan di atas agar wajah kamu bebas komedo ya, Beautynesian!