Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes


Berpuasa bagi para penderita diabetes adalah ibadah sangat bermanfaat. Berikut lima manfaat puasa bagi penderita diabetes.

1. Menstabilkan kadar glukosa dalam darah karena pola makan yang lebih terjaga dan teratur serta asupan kalori yang konsisten dari hari ke hari.

2. Meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

3. Mengurangi kadar kolesterol.

4. Menurunkan tekanan darah dan trigliserida.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

source: https://goo.gl/images/hxS1Qq


 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berpuasa


Puasa memang memberi manfaat yang baik bagi para penderita diabetes. Akan tetapi, kamu disarankan untuk memerhatikan hal-hal penting berikut ini agar manfaat serta puasa yang dilakukan berjalan dan tercapai seperti yang diharapkan.

1. Konsultasikan kondisi pada dokter.
Memeriksa kondisi adalah hal utama yang perlu kamu lakukan. Pastikan kamu memang cukup fit untuk berpuasa.

2. Berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan minuman saat berbuka dan sahur.
Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tepat dan seimbang, tidak kekurangan dan berlebihan. Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan yang membakar energi secara lambat seperti gandum, kacang-kacangan, nasi, dan semolina. HIndarilah makanan dengan kandungan asam jenuh tinggi. 

3. Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi.
Minumlah yang banyak saat berbuka, setelah tarawih, dan sahur. Asupan cairan sangat penting agar puasa berjalan lancar dan manfaatnya bisa dirasakan.

4. Sadari kondisimu.
JIka kamu merasa badanmu mulai tidak enak, cobalah untuk memeriksa kadar gula darahmu. Menggunakan tusukan jarum ke dalam kulit untuk pemeriksaaan gula darah tidak akan membatalkan puasa. Tetaplah periksa kadar gula darahmu untuk memastikan kesehatanmu. Penderita diabetes sangat disarankan untuk segera membatalkan puasa jika kadar gula darah <70 mg/dl atau >300 mg/dl.

source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT2r0j9yMJ9R5nyfun7WGAUR-iMwedYWO_CpZtGQwC7Ubp8G1m4