Melakukan traveling merupakan salah satu kegiatan yang menyegarkan, karena dengan traveling kita bisa sejenak terlepas dari segala kejenuhan akan rutinitas yang biasanya kamu lakukan setipa harinya. Melakukan traveling juga merupakan suatu kebebasan, namun melakukan traveling tidak boleh sembarangan, apalagi jika kamu melakukanya seorang diri, maka kamu memerlukan persiapan dan perencanaan yang sangat matang sebelum melangkahkan kaki ke tempat baru.

source: https://www.theodysseyonline.com/5-tips-on-traveling


 

Perencanaan Yang Matang

Melakukan traveling tanpa perencanaan yang matang sangatlah beresiko, karena dapat membahayakan diri kamu disaat perjalanan nanti. Agar perjalanan kamu aman dan nyaman, pelajari dengan detail mengenai tempat tujuan kamu dan buat perencanaan seperti berikut.

source: http://flyiteasy.com/travel-planning-choosing-the-destination/
  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah merencanakan jadwal keberangkatan dan jadwal kepulangan. Pastikan jadwal traveling kamu tidak mengganggu kegiatan penting kamu seperti kerjaan atau kuliah.
  2. Langkah kedua, pastikan destinasi atau tempat tujuan yang akan kamu kunjungi, dengan begitu kamu tidak akan kebingungan ketika sampai di daerah tujuan.
  3. Langkah ketiga, buatlah estimasi biaya perjalanan kamu mulai dari biaya persiapan, transportasi dan tempat menginap agar kamu terhindar dari budget tak terduga dan embel-embel lainnya.
  4. Masuk pada langkah terakhir, pilihlah transportasi yang efesien dan terjangkau dengan budget kamu. Umumnya para traveler dalam negeri akan menggunakan kereta sebagai alat transportasi karena harga tiketnya yang tidak terlalu mahal dan kamu bisa menikmati pemandangan dikereta selama perjalanan. Tapi jika kamu melakukan perjalanan keluar negeri, usahakan untuk mendapatkan tiket promo atau memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga penerbangan yang murah.

 
baca juga

Persiapan Yang Matang

Setalah kamu selesai dengan tahap perencanaan, tahap berikutnya adalah melakukan persiapan. Persiapan sebelum traveling merupakan tahap penting yang tidak boleh salah perhitungan, karena dapat menimbulkan masalah yang tidak dinginkan pada saat perjalanan nanti. Nah, agar persiapan kamu matang, berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan.

source: http://www.idiva.com/news-entertainment/travel-hacks-5-travel-bloggers-share-practical-tips-for-packing/16071146
  1. Jangan terlalu banyak membawa barang, karena akan menyulitkan perjalanan kamu. Bawalah barang-barang yang penting seperti dompet, handphone, kartu identitas dan uang. Dan bawalah barang-barang pribadi seperti pakaian, handuk, alat mandi dan perbekalan secukupnya.
  2. Untuk melakukan traveling, biasanya orang-orang akan menggunakan tas carrier untuk membawa barang karena selain mudah untuk dibawa, tas ini memiliki luas bagasi yang besar dan efisien. Selain itu kamu juga memerlukan tas daypack atau tas pinggang yang berguna untuk menyimpan barang penting seperti handphone dan dompet agar mudah untuk dijangkau. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa membelinya di toko-toko perlengkapan gunung terdekat.
  3. Packing barang dengan baik dan benar dengan cara membagi jenis barang bawaan. Letakan barang-barang yang jarang digunakan di bagian paling bawah tas dan letakan barang bawaan yang sering digunakan pada tas bagian atas agar mudah untuk jangkau. Setelah itu lakukan packing yang baik terhadap bahan makanan agar tidak tumpah atau basi.

 

Sekian dari tips traveling sendiri versi beautynesia.id kali ini, semoga perjalanan kamu menyenangkan.