Walaupun terkesan sepele, ritual mengeringkan rambut ternyata juga penting untuk menjaga kesehatan rambut lho, ladies. Kalau cara mengeringkan rambutmu ternyata salah, hal ini bisa menyebabkan rambutmu mudah rontok dan mudah ketombean. Biasanya, bagaimana caramu mengeringkan rambut? Kalau kamu selama ini membiarkan rambutmu kering secara alami (air-dry) karena menganggap teknik ini tidak akan merusak rambut, maka kamu salah. Menurut penelitian terbaru di Korea, dengan menggunakan teknik yang benar, surprisingly, mengeringkan rambut menggunakan blow-dryer ternyata lebih sehat untuk rambutmu dibandingkan mengeringkannya dengan metode air-dry lho. Bagaimana bisa?
 

source: http://stw24.pl/


Let’s begin with understanding hair anatomy. Jadi, setiap helai rambut itu bisa diibaratkan sebagai corong pipa kecil yang terdiri atas bagian korteks dalam yang dilapisi oleh lapisan pelindung luar (kutikula rambut). Kutikula ini dibantu direkatkan oleh protein yang berfungsi seperti lem sehingga kutikula bisa terus menempel di rambut. Lapisan kutikula yang kuat inilah yang membuat rambut terlihat lebih berkilau serta tidak mudah patah.  

Nah, jika rambutmu sering terpapar suhu panas yang berlebihan, hal ini memang bisa merusak kutikula rambut dan membuat rambutmu kering. Tapi ternyata, jika panas tersebut di-setting dalam temperatur dan jarak yang tepat, mengeringkan rambut menggunakan hairdryer sebenarnya lebih aman dibandingkan membiarkan rambutmu kering alami. Sebab, ketika dalam kondisi basah, helai rambut akan ‘membengkak’ dan menebal karena air. 

Semakin lama kamu membiarkan rambutmu ‘membengkak’, semakin besar juga tekanan yang diterima oleh protein yang menjaga kutikula rambut. Akibatnya, kutikula rambut menjadi rusak dan rambut akan lebih mudah patah. Jadi, kalau kamu selama ini wondering mengapa rambut menjadi lebih mudah rapuh ketika basah, you already have the answer. That’s why, membiarkan rambutmu tetap basah dalam waktu lama karena ingin hair-drying bukanlah pilihan yang sehat untuk rambutmu, Beautynesian. Belum lagi, rambut yang dibiarkan basah akan menyebabkan udara di sekitar kulit kepala menjadi lembap dan bisa memicu bakteri penyebab ketombe untuk berkembang. Sebaiknya, segera keringkan rambut menggunakan hairdryer setelah selesai keramas ya. 

Untuk cara mengeringkan rambut yang benar menggunakan hairdryer, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Pertama-tama, biarkan rambutmu kering secara alami sekitar 70 -80%. Lalu, dengan temperatur yang paling dingin, keringkan rambutmu menggunakan hairdryer. Jangan lupa untuk menjaga jarak antara rambut dan hairdryer-mu sekitar 15 cm dan terus menggerakkan arah hairdryer-mu. 
 

source: https://witiimakeup.files.wordpress.com/

​​​​​​
Selain mengikuti tips di atas, pemilihan hair dryer juga sangat penting lho untuk menjaga kesehatan rambutmu. Sebab, beberapa jenis hairdryer memang bisa membuat rambut semakin kering. Nah, kamu bisa mencoba hairdryer Panasonic EH-NA65 yang menggunakan teknologi terobosan terbaru Panasonic, yaitu nanoe. Teknologi nanoe ini akan menghasilkan partikel-partikel nano yang berisi air dan bisa memberikan 1.000 kali kelembapan untuk rambut. Jadi, kamu tidak perlu takut rambutmu menjadi rusak atau kering karena hairdryer ini bisa melembapkan rambut. Hasilnya, rambut akan menjadi lebih lembap, lembut, dan sehat. Plus, hairdryer ini juga dilengkapi dengan tombol pengaturan 3 kecepatan dan 4 suhu lho, jadi kamu bisa mengatur sendiri tingkat panas yang aman untuk rambutmu. Sekarang kamu tidak perlu lagi takut rambutmu rusak karena sering di blow-dry atau styling dengan Panasonic EH-NA65!

Oh iya, ada kabar baik buat kamu yang ingin mencoba Panason​​onic Hair Dryer EH-NA45 karena sekarang sedang ada promosi menarik dari Panasonic dan Bank UOB lho. Kamu bisa mendapatkan ​​​​​Panason​​onic Hair Dryer EH-NA45 secara gratis jika kamu membuat satu kartu kredit UOB Lady's Card dan satu UOB One Card/ UOB Preferred Platinum Card. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik www.uob.co.id/personal/applynow. Yuk, apply sekarang!
 

<baca juga>
source: http://shop.panasonic.com/