Pilih Deterjen yang Lembut

Bra adalah pakaian dalam yang langsung menyentuh kulit payudara kita. Kulit payudara biasanya lebih sensitif dibanding bagian kulit yang lain. Apalagi kebanyakan wanita selalu menggunakan bra seharian penuh, sehingga mengurangi sirkulasi udara di bagian payudara. Agar tidak terjadi iritasi, gunakan deterjen dengan bahan yang lembut untuk mencuci bra kita. Deterjen berbentuk cair lebih aman digunakan dibandingkan deterjen bubuk karena tidak meninggalkan residu pada pakaian. Kita juga bisa menggunakan deterjen cair khusus bayi yang lebih lembut untuk kulit sensitif.

source: http://www.wikihow.com/Wash-a-Bra



 

Rendam Seluruh Bagian Bra

Cara mencuci bra dengan tangan yang selanjutnya adalah rendam bra selama 15-30 menit untuk membuat deterjen bekerja maksimal membersihkan kotoran pada bra. Proses perendaman lebih dari 30 menit tidak disarankan karena justru bisa merusak struktur busa yang ada di dalam cup bra. Ketika merendam bra, pastikan seluruh bagiannya terendam agar kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

source: http://www.gurl.com/2015/06/01/tips-on-how-to-take-care-of-your-bras-wash-laundry-so-they-last/



 

baca juga

Jangan Kucek Cup Bra

Setelah direndam, kita bisa mengucek tali bra secara perlahan. Sementara itu, jangan pernah mengucek cup bra karena bisa membuat busa yang ada di dalamnya patah. Untuk membersihkan bagian cup, kita cukup menekannya secara lembut dan mengusap-usap bagian permukaannya untuk membuat kotoran terlepas dari bra.

source: http://www.ehow.com/how_6388802_hand-wash-victoria_s-secret-bra.html



 

Bilas dengan Air Mengalir

Agar seluruh sisa deterjen bisa terangkat dan terbawa air, bilas bra dengan air yang mengalir. Residu deterjen yang tidak terangkat dengan baik bisa menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada payudara kita. Maka dari itu, pastikan tidak ada residu yang tertinggal dengan melakukan pembilasan hingga bra benar-benar bersih dari busa.

source: http://www.ehow.com/how_6388802_hand-wash-victoria_s-secret-bra.html



 

baca juga

Gantung Bra dengan Benar

Setelah seluruh residu deterjen hilang, jemur bra dengan posisi miring. Gantung bagian tengah bra pada tali jemuran untuk menghindari melarnya tali bra. Hindari menjemur bra di bawah sinar matahari langsung, cukup angin-anginkan bra di udara yang terbuka. Untuk menghindari tumbuhnya jamur dalam cup bra, usahakan bra bisa kering dalam waktu satu hari.

source: https://www.thesun.co.uk/living/1473200/this-is-how-often-you-should-really-wash-your-bra-and-how-best-to-do-it/