Target Pasar


Sebelum memulai bisnis ini, Beautynesian perlu menentukan terlebih dahulu, siapa target yang ingin dicapai, mulai dari sisi demografis, geografis, status ekonomi, hingga gaya hidup. Target pasar ini menjadi penting karena hal inilah yang akan menentukan bentuk bisnismu kelak, baik untuk urusan harga, jenis makanan, ataupun cara melakukan promosi dan cara berkomunikasi degan calon konsumenmu. So, ditentukan dengan bijak ya, dear.

source: https://www.brandingmag.com/2015/07/23/6-tips-for-reaching-a-larger-target-market/


 

Nilai Jual


Selanjutnya, ada nilai jual dari catering bulan Ramadhanmu yang perlu ditentukan. Jika ingin sukses, catering ramadhanmu harus mempunyai nilai jual yang membedakannya dengan dating lainnya, baik dari sisi produk atau jasa yang kamu jual ataupun fasiltas-fasilitas tambahan yang cateringmu berikan kepada konsumen. Ingat, tanpa nilai jual yang unik dan berbeda, cateringmu akan cepat tenggelam dalam lautan usaha catering lainnya, lho.

source: http://freedesign.co.za/web/benefits/uniqueness/


 

baca juga

Variasi Menu


Sebagai catering bulan Ramadhan, sebaiknya menyediakan tiga kategori menu lengkap, yaitu menu sahur, menu berbuka, serta menu takjil. Hal ini akan menarik perhatian konsumen sebab ia bisa membeli cateringmu dalam satu paket lengkap (mulai dari menu sahur, takjjil, dan berbuka) dan tidak perlu mencari menu lainnya secara terpisah. Selain itu, agar konsumen tidak bosan, kamu juga sebaiknya menyediakan menu-menu makanan dan minuman yang bervariasi setiap harinya. So yeah, unsur variasi pada cateringmu akan menjadi nilai plus cateringmu bagi konsumen, dear.

source: http://www.olivegarden.com/locations/location-search?redirectToMenu=true


 

Nutrisi Makanan


Selain variasi makanan, Beautynesian juga harus memperhatikan nutrisi dari setiap menu makananmu. Ingat, selama berpuasa, konsumenmu hanya akan makan dua kali dalam sehari, sehingga makanan dan minuman yang kamu sediakan haruslah mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuhnya agar tubuhnya tetap kuat untuk untuk selalu menjalani puasa selama bulan Ramadhan ini. Cateringmu harus memenuhi kebutuhan konsumen akan karbohidrat, lemak, protein, zat besi, air, serta vitamin. Oleh sebab itu, ada baiknya jika menu sahur dan berbuka yang kamu tawarkan terdiri atas nasi/kentang/mi, lauk daging/ikan, sayur-mayur, buah-buahan, serta air putih/jus, sedangkan menu tajil sebaiknya mengandung gula agar dapat segera mengembalikan energi dan stamina tubuh yang hilang selama berpuasa. So yeah, nutrition balanced menu is a must!

source: https://www.medicover.pl/oferta-indywidualna/dieta-i-zdrowa-zywnosc/catering-dietetyczny/


 

baca juga

Citarasa dan Penampilan Makanan


Citarasa yang nikmat dan penampilan makanan yang menggugah selera tentunya akan membuat konsumenmu setia dan tidak akan pindah ke lain hati. Selain itu dua hal ini menjadi penting karena dapat membantu konsumenmu Dallam menghilangkan rasa mengantuk ketika sahur atau rasa mual saat berbuka, sehingga mereka bisa mengonsumsi makanan dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya tanpa masalah yang berarti. Tidak hanya itu, konsistensi dari citarasa dan penampilan menu makanan cateringmu dari yang satu ke yang lainnya, juga harus selalu dijaga ya, dear.

source: http://torres-fotografia.com/en/cat/gastronomy/fast/


 

Pengiriman


Pengiriman juga termasuk unsur krusial yang harus selalu kamu perhatikan. Kamu harus dapat memastikan bahwa menu makanan yang kamu kirimkan dapat diterima oleh konsumenmu dengan tepat waktu dan masih dalam kondisi yang segar, sama seperti ketika kamu selesai mengemasnya. So yeah, you must choose and use the delivery service that match your catering menu well.

source: https://www.linkedin.com/pulse/food-delivery-supply-chain-optimization-why-most-alvis-lazarus


 

Promosi yang Menarik


Rekomendasi catering bulan Ramadahan dalam hal prinsip bisnis yang terakhir ialah melakukan promosi. Promosi yang menarik dapat membantumu dalam meningkatkan awareness mengenai brand cateringmu serta loyalitas dari konsumen. Kamu bisa membuat promo seperti diskon, buy 1 get 50% off, harga paketan, voucher untuk mendapatkan menu catering secara gratis, bonus, dan masih banyak lagi. The main point is, you need be creative and know what type of promotion that your customers want.

source: http://analytics.kantarretail.com/trade/promotion/overview.html