1. Hijabers Community

Salah satu komunitas hijab terkenal di Indonesia ini didirikan pada 2010 oleh Jenahara bersama Ria Miranda, Dian Pelangi dan 30 wanita muslimah lainnya. Hijabers Community sekarang diketuai oleh Syifa Fauziah, berpusat di Jakarta dan telah memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Bogor, Yogyakarta, Medan, Padang dan Aceh. Tujuan dari Hijabers Community (HC) adalah sebagai wadah para muslimah muda untuk berbagi visi yang berhubungan dengan hijab dan Islam. Kegiatan yang rutin dilakukan Hijabers Community antara lain pengajian rutin dengan mengundang ustadz atau ustadzah, bakti sosial, workshop keagamaan, wisata yang melibatkan anak yatim hingga diskusi tentang perkembangan hijab terkini. Semua kegiatan itu bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar anggota maupun pihak lain yang terlibat dalam setiap event yang diadakan HC.

source: https://m.dream.co.id/community/hc-bekasi-siap-launching-23-april-mendatang-170412z.html


2. HijabersMom Community

Sesuai dengan namanya, HijabersMom adalah komunitas hijab yang ditujukan untuk muslimah dewasa yang telah menikah. Didirikan oleh desainer Monika Jufry, awalnya komunitas ini hanya beranggotakan lima orang, hingga kini sudah ada ribuan anggota yang tersebar di 21 kota antara lain Jakarta, Bogor, Depok, Palembang hingga Lombok. Selain sebagai wadah untuk berbagi pengalaman, memperluas jaringan pertemanan dari berbagai profesi, HijabersMom juga rutin mengadakan pengajian dan kegiatan sosial untuk membantu kaum dhuafa atau orang kurang mampu yang membutuhkan bantuan di berbagai daerah cabang HijabersMom. 
source: http://www.arrezamp.com/2016/01/pengajian-rutin-hijabersmom-community-batam-jumat-8-januari-2016.html?m=1
baca juga



3. Indonesian Hijab Blogger

Indonesian Hijab Blogger (IHB) adalah komunitas yang memiliki tujuan untuk dapat menyalurkan passion menulis para muslimah yang berhijab. Kalau kamu tertarik untuk bergabung, bisa melalui website resmi IHB. IHB siap menampung karya-karyamu, baik yang berjenis tips and trick, sastra, fashion,  food, juga blog pribadi. Kegiatan yang rutin dilakukan IHB adalah workshop untuk mengembangkan skill para anggotanya dan kompetisi yang berkaitan dengan fashion hijab yang bekerja sama dengan e-commerce baju muslim seperti Hijabenka dan Hijup.

source: http://indonesian-hijabblogger.com



4. Hijabers United

Hijabers United yang telah memiliki ratusan anggota yang tersebar di Jabodetabek dan beberapa kota di Indonesia ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi sesama muslimah dengan mengadakan event rutin. Kegiatan positif yang diadakan Hijabers United seperti charity, lifestyle, keagamaan, sosial dan bisnis. Hijabers United berharap dengan adanya event positif yang diselenggarakan dapat mengembangkan kreatifitas muslimah dalam berhijab dan mengembangkan potensi wanita muslimah dalam hal busana, disamping itu juga wawasan tentang agama dan solidaritas sesama umat muslim dapat lebih erat terjalin.

source: http://www.marketing.co.id/aksi-komunitas-hijaber-united-menarik-perhatian-pengunjung-di-cfd-jakarta/
baca juga



5. Hijab Syar'i Community

Komunitas hijab terkenal di Indonesia yang satu ini terbentuk atas dasar kepedulian Dwi Septiawati untuk saling mengingatkan sesama muslimah tentang fungsi hijab yang sesuai dengan aturan syariat, yaitu menutupi aurat dengan hijab yang panjang dan baju longgar yang tidak menonjolkan aurat. Didirikan pada 2012, Hijab Syar'i Community mengusung campaign hijab syar'i, dan mempunyai misi untuk sekaligus berdakwah tentang nilai-nilai syar'i. Kegiatan yang dilakukan Hijab Syar'i Community tidak terbatas hanya di dalam negeri saja lho, tapi sudah merambah mancanegara, yaitu acara tutorial hijab untuk TKW di Hongkong yang bekerja sama dengan dompet Dhuafa. Anggota dari komunitas ini, Indadari Mindrayanti yang merupakan stylist hijab syar'i pun terpilih di acara International Fashion Week di Amerika Serikat sebagai salah satu stylist hijab. Hijab Syar'i Community juga aktif mengadakan event seperti tutorial hijab syar'i dan talk show di berbagai sekolah hingga kampus di seluruh Indonesia.

source: https://www.eyeem.com/a/10270458



6. Hijab Speak

Hijab Speak pada awalnya bukanlah sebuah komunitas, melainkan gerakan yang disebut "Speak Up" yang disebarkan lewat media sosial agar wanita muslim berani untuk bisa unjuk gigi dengan potensi dan skill yang mereka punya. Yona Intan Zariska, Fika Tri Mujiani dan Cahya Meythasari adalah yang mencetuskan berdirinya komunitas ini. Hijab speak juga menjadi markas dari berbagai komunitas hijab dan merangkulnya untuk bergabung dan sharing tentang hijab dan sisi lain dibaliknya, yaitu muslimah yang tetap dapat berkarya dengan tetap menjalankan perintah agama. Hijab Speak juga rutin mengadakan acara-acara menarik seperti tutorial hijab dan make up, mix and match outfit, hingga acara sosial yang bekerja sama dengan komunitas hijab lainnya.

source: http://hijabspeak.blogspot.com/2013/06/creative-hijab-party-jifw-2013.html

Itu tadi 5 komunitas hijab terkenal di Indonesia dengan kegiatan positifnya. Kamu tertarik untuk ikut menjadi anggota salah satunya?