Sejarah Yoga Dan Pilates


Yoga

Yoga berasal dari India, yang telah dikembangkan selama berabad - abad yang lalu. Dipengaruhi oleh beragam budaya hingga kini tercipta berbagai jenis yoga, mulai dari Ashtanga, Kripalu, Bikram sampai dengan Vinyasa.


Pilates
Sedangkan pilates adalah versi kontemporer dari yoga. Awal mulanya dikembangkan sekitar abad ke 20 an oleh seorang atlet yang bernama Joseph Hubert Pilates, seorang berkebangsaan Jerman. Ia menciptakan serangkaian latihan fisik sebagai bentuk rehabilitasi dengan fokus pada pengendalian otot inti postural.

Namun keduanya membawa pemahaman bahwa tubuh dan pikiran adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lainnya. Yoga menambahkan satu elemen pembeda, yaitu jiwa. Menjelajahi jiwa dan spiritualitas mengambil porsi yang cukup besar dalam praktek yoga secara keseluruhan, terutama meditasi.

source: http://freedesignfile.com


Manfaat Yoga Bagi Kesehatan


Mengurangi Stres

Rutinitas atau pekerjaan sehari - hari yang bertumpuk tentu lama kelamaan akan membuat kita menjadi penat dan stres. Yoga adalah salah satu olahraga alternatif yang dapat mengurangi stres. Dengan berlatih yoga, pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh lebih bugar.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Orang yang rutin berolahraga akan memiliki tubuh yang lebih sehat. Walaupun yoga tidak memerlukan latihan yang berat seperti cabang olahraga yang lain, namun gerakan - gerakan pada yoga dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian tubuh akan terhindar dari penyakit.


Sebagai Sarana Untuk Relaksasi
Banyak gerakan yoga yang lembut dan tenang dapat dijadikan sarana untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. Yoga yang diiringi dengan musik ketika latihan, juga akan membuat suasana yang nyaman, sehingga dapat dijadikan sebagai sarana relaksasi.
source: http://www.yogaindonesia.org
baca juga



Manfaat Pilates Bagi Kesehatan

Memperbaiki Postur Tubuh

Gangguan seperti nyeri bahu hingga punggung merupakan dampak dari postur tubuh yang buruk. Dengan adanya latihan pilates, lengkungan tulang belakang dapat dijaga secara alami atau tetap lurus, sehingga rasa nyeripun dapat dihindari.

Meningkatkan Kelenturan
Tidak dipungkiri gerakan yang ditawarkan dalam pilates dapat membuat semua otot dan anggota tubuh mengalami perenggangan. Perenggangan ini tentu akan melenturkan otot - otot yang kaku.

Meningkatkan KeseimbanganTubuh
Beberapa gerakan pada pilates menggunakan otot sebagai fokusnya. Pembentukan otot perut ini biasanya adalah tujuan utama orang mengikuti pilates. Otot yang terbentuk akan mengencangkan bagian perut dan sekitarnya. Hal ini berkaitan erat dengan meningkatkan kerseimbangan tubuhmu dengan baik.

source: https://www.laksani.com



Manfaat Yoga Dan Pilates Bagi Kecantikan

Walaupun yoga dan pilates bukan merupakan olahraga yang berat, namun keduanya dapat membantumu dalah hal perawatan kecantikan.

Memperindah Bentuk Tubuh
Bagi kamu yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, yoga dan pilates adalah pilihan yang pas. Gerakan - gerakan dalan yoga dan pilates akan membakar lemak sehingga terbentuklah otot - otot tertentu untuk menunjang bentuk tubuh yang ideal.

Sebagai Detoksifikasi
Keringat yang dihasilkan dari yoga dan pilates bukan hanya dari lemak yang terbakar saja. Namun racun - racun yang ada di dalam tubuh akan keluar bersamaan dengan keluarnya keringat yang merupakan hasil pembakaran lemak tadi. Inilah sarana detoksifikasi tubuh yang alami

Menghaluskan Dan Menyehatkan Kulit
Setelah racun yang keluar dari tubuh tadi, maka kulit dapat terjaga agar tetap sehat dan halus secara alami. Tubuh pun tetap bugar.
source: http://lifestyle.liputan6.com