Bersihkan dan Lembapkan Wajah


Langkah pertama sebelum mengaplikasikan makeup adalah membersihkan wajah dari kotoran. Wajah yang bersih dan bebas dari kotoran akan membuat makeup mudah menempel pada kulit. Setelah membersihkan wajah, amu wajib menggunakan pelembap yang sudah disesuaikan dengan jenis kulit kamu.

source: http://nova.grid.id/Mode-Dan-Kecantikan/Kecantikan/Cara-Mudah-Bersihkan-Wajah


 

Pilih Alas Bedak yang Tepat


Memilih alas bedak untuk kulit sawo matang harus lebih cermat dibandingkan memilih alas bedak untuk yang memiliki kulit putih. Pilihlah alas bedak dengan formula ringan dan warnanya sama dengan warna kulit atau 1 tingkat lebih terang atau 1 tingkat lebih gelap dari warna kulit kamu. Jika kamu memilih alas bedak 1 tingkat lebih terang dari warna kulit, maka jangan lupa aplikasikan bronzer agar makeup lebih natural. Selain itu, pilih alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini dimaksudkan agar alas bedak lebih menyatu dengan warna kulit dan membuat riasan kamu menjadi makin sempurna.

source: http://cewekbanget.id/Fashion-And-Beauty/6-Rekomendasi-Foundation-Untuk-Kulit-Sawo-Matang-Di-Bawah-150-Ribu


 

<baca juga>

Concealer


Jika dirasa kekurangan di wajah belum tertutupi secara maksimal dengan alas bedak atau foundation, maka kamu bisa menggunakan concealer untuk menutupinya. Untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang, pilih concealer dengan warna hangat seperti peach kecokelatan atau orange kecokelatan. Aplikasikan concealer pada bagian-bagian yang akan kamu koreksi dan ratakan dengan baik. Oya, untuk kulit sawo matang hindari memakai concealer berwarna beige muda karena justru membuat hasilnya tidak balance dengan warna kulit.

source: http://erninaomi.blogspot.com/2016/04/la-girl-pro-conceal-toast-yellow.html


 

Eyeshadow


Eyeshadow tentunya menjadi bagian dari makeup natural untuk kulit sawo matang yang tidak bisa kamu tinggalkan. Untuk makeup natural sehari-hari, kamu bisa memilih warna-warna natural dan soft seperti cokelat muda, pink, peach atau warna gelap seperti cokelat tua, burgundy, almond dan cooper. Sedangkan untuk makeup pesta, kamu bisa menggunakan riasan smokey eyes atau menambahkan shimmer agar riasan mata tampak lebih hidup. Jangan lupa mengaplikasikan primer atau eye base terlebih dahulu agar warna yang dihasilkan lebih cerah dan intens. Untuk tekstur eyeshadow apapun sepertinya tidak masalah untuk kulit sawo matang, kamu bisa memilih cream atau powder.

source: http://www.designes.biz/2016/09/tutorial-make-up-natural-untuk-kulit.html


 

<baca juga>

Eyeliner, Alis, Mascara


Makeup natural untuk kulit sawo matang berikutnya harus memperhatikan juga pemilihan warna eyeliner dan alis. Pilihlah warna hitam atau cokelat untuk eyeliner dan alis. Untuk alis, gunakan teknik layer dengan dua warna tersebut untuk mendapatkan alis yang natural. Rapikan dan ratakan warna alis dengan sikat atau eyebrow mascara dengan cara menyapukan tanpa menekan agar alis tidak terlalu menempel. Sedangkan untuk mascara sendiri sekarang juga sudah ada mascara selain warna hitam. Bisa juga kok kamu memakai mascara dengan warna cokelat.

source: https://id.pinterest.com/pin/542120873878709469/


 

Gunakan Loose Powder


Makeup natural untuk kulit sawo matang selanjutnya adalah dengan memilih menggunakan loose powder daripada compact powder. Loose powder memiliki formula yang lebih ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Pilih loose powder dengan tekstur translucent yang warnanya lebih cerah dari warna concealer. Hal ini untuk menghasilkan riasan natural yang lebih segar dan cerah.

source: http://merkterbaik.com/merk-bedak-tabur-bagus/


 

Blush On


Langkah selanjutnya adalah memilih blush on warna natural seperti peach, pink, apricot, orange, cokelat emas atau cokelat keunguan. Aplikasikan blush on ini tipis-tipis saja untuk mendapatkan hasil yang natural. Untuk makeup pesta atau malam hari kamu bisa menambahkan bronzer.

source: http://www.grid.id/Female/Fashion-And-Beauty/Kulit-Sawo-Matang-Pilih-Blush-On-Warna-Ini-Girls


 

Lipstick


Nah, tidak lengkap kan kalau riasan tanpa lipstick? Lipstik dapat membuat tampilan bibir kamu menjadi lebih sexy dan fresh. Beberapa warna warna lipstick yang bisa dipilih untuk si pemilik kulit sawo matang adalah merah, cokelat dan warna-warna natural. Bisa juga kamu memilih warna merah tua, cokelat keemasan, mauve, plum, cokelat kemerahan dan orange agar terlihat lebih eksotis dan menawan.

source: https://id.pinterest.com/pin/47710077278526924/