Arti SPF pada Sunblock

SPF atau singkatan dari Sun Protection Factor merupakan indikator pelindung matahari dalam sebuah produk kosmetik atau skincare termasuk pada sunblock. Sedangkan angka yang tercantum di belakangnya sebagai informasi untuk kamu berapa lama sunblock tersebut dapat melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari tanpa terbakar. 

Semakin tinggi angka SPF sebenarnya tidak menjamin kekuatannya dalam melindungi kulit kamu dari bahaya sinar UVA dan UVB. SPF yang tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, namun tidak 100% memproteksi dari risiko kulit terbakarNamun, sunblock yang memiliki kandungan SPF tinggi mampu memberikan perlindungan dari risiko kerusakan kulit jangka panjang. Sebaliknya, Semakin kecil angka SPF yang tercantum, maka kamu harus lebih sering mengaplikasikan ulang atau retouch agar aman beraktivitas di bawah terik matahari tanpa khawatir kulit akan terbakar. 

source: https://kawaiibeautyjapan.com


 

baca juga

Arti PA pada Sunblock

Nah bagaimana dengan kode PA yang biasanya menyertai SPF? Coba perhatikan sunblock yang kamu punya. Misalnya nih ada SPF 50 PA++, maka PA itu artinya Protection Grade of UVA atau tingkat perlindungan terhadap sinar UVA. Sedangkan tanda + setelah kode PA itu menandakan tingkat proteksi terhadap UVA. Semakin banyak tanda + nya, maka makin tinggi juga tingkat proteksinya.

source: https://www.pinkseoul.com


 

UVA dan UVB

Setelah tahu arti SPF pada sunblock dan kode PA juga, hal lain yang perlu kamu tahu adalah mengenai tipe sinar matahari. Jadi, ada 2 tipe sinar matahari, yaitu UVA dan UVB. Huruf A pada UVA berarti ”Aging” (penuaan) dan B pada UVB artinya “Burning” (pembakaran). Pilihlah sunblock atau produk lainnya untuk kulit (kosmetik dan skincare) yang melindungi kulit dari keduanya ya, Beautynesian. Nah, untuk panjang gelombang  UVB yang diserap oleh sunblock juga bervariasi bergantung nilai SPF-nya. Contohnya:

  • SPF 15 memiliki kemampuan proteksi 93,3% terhadap sinar UVB
  • SPF 30 memiliki kemampuan proteksi 96,7% terhadap sinar UVB
  • SPF 50 memiliki kemampuan proteksi 98% terhadap sinar UVB
source: https://fjb.m.kaskus.co.id


 

baca juga

Mengetahui Lamanya Sunblock dapat Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selanjutnya yang perlu kamu tahu mengenai angka setelah kode SPF. Angka tersebut memang menunjukkan waktu proteksi, namun apakah angka tersebut langsung menunjukkan waktunya? Ternyata tidak seperti itu, Beautynesian. Misalnya kulitmu membutuhkan 10 menit hingga terbakar dan kamu memilih sunblock dengan SPF 15, artinya sunblock akan melindungi kulit kamu selama 15x10 menit = 150 menit (2,5 jam). Jadi sunblock SPF 15 akan melindungi kulit kamu selama 2,5 jam dan kamu harus retouch setelah 2,5 jam berlalu. Begitu juga ketika kamu memilih sunblock dengan SPF 30, maka sunblock akan melindungi kulit kamu selama 30x10 menit = 300 menit (5 jam). 

source: http://pinkkorset.com


 

Tips Memilih Sunblock

Setelah mengetahui apa arti SPF pada sunblock dan lama proteksi sunblock kamu mungkin jadi bertanya-tanya bagaimana caranya mengetahui kadar SPF yang dibutuhkan kulit kamu? Pertama yang harus lakukan adalah mengetahui warna kulit kamu.

Jika kulit kamu di luar kulit pucat, maka kamu bisa menggunakan sunblock dengan tingkat SPF yang beragam. Akan tetapi, jika kulit kamu pucat dengan kandungan melanin yang sangat sedikit, maka kamu harus memilih sunblock dengan kandungan SPF minimal 30. Langkah kedua, ketahui juga jenis kulitmu. Jika kulit kamu termasuk kering, maka pilihlah sunblock yang berbentuk krim. Sedangkan untuk kulit berminyak, maka pilihlah sunblock spray agar kulitmu tidak semakin berminyak. Hal penting lainnya adalah untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya kamu memilih sunblock yang bebas kandungan PABA dan oxybenzone.

source: http://octavianinurhasanah.net

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa arti SPF pada sunblock kan? Mulailah memilih sunblock yang tepat untuk kulit kamu dari sekarang ya, Beautynesian!