Mengurangi Tanda-tanda Penuaan


Riset menunjukkan bahwa kurang tidur, termasuk tidur siang meningkatkan tanda-tanda penuaan seperti kerut halus, warna kulit yang tidak merata, dan menurunnya elastisitas kulit. Akibatnya kesehatan kulit menurun, sementara proses penuaan menjadi lebih cepat.

Padahal, tidur memberi kesempatan bagi tubuh kita untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Istirahat yang cukup membuat proses regenerasi dari dampak buruk lingkungan seperti sinar UV menjadi lebih efisien. Tanda-tanda penuaan pun dapat dikurangi.

source: http://www.womenfitness.net/top10/nutrition-habits/


 

Mencegah Stres dan Obesitas


Kurang tidur meningkatkan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Hormon kortisol yang berlebihan meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, serta menurunkan hormon pertumbuhan, sehingga berperan dalam meningkatnya berat badan. Ditambah lagi, stres berlebihan dapat menimbulkan mood swing dan jerawat.

Saat tidur, tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan, memberi efek berlawanan dari hormon kortisol, menghindarkan kita dari stres dan naiknya berat badan.

source: http://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/wellbeing/a26121/8-ways-to-beat-work-stress/


 

baca juga

Relaksasi


Tidur siang adalah perawatan kecantikan terbaik yang dapat kamu berikan untuk tubuhmu. Meskipun terkesan sederhana, tidur siang dapat menjadi liburan singkat, sarana relaksasi yang menyegarkan. Seusai tidur siang, otak dan tubuhmu akan siap kembali beraktivitas, dan mood menjadi lebih baik. Tak hanya pekerjaan menjadi lebih mudah, namun orang-orang disekitarmu pun turut terkena aura positif.

source: http://m.huffpost.com/us/entry/5240448