Meningkatkan Kewaspadaan


Saat mengantuk, kamu tak akan bekerja dengan baik. Sebuah penelitian dari NASA menunjukkan bahwa tidur siang selama 40 menit meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman perhatian hingga 100%. Penelitian lain menunjukkan bahwa tidur siang selama 20 menit lebih efektif dibanding 200mg kafein atau satu sesi olahraga.

Secara langsung, meningkatnya kewaspadaan seusai tidur siang akan meningkatkan kinerja dan produktivitasmu. Ketika otak dan tubuh segar, maka kamu dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

source: http://www.macuhoweb.org/5-simple-tips-to-increase-the-alertness-and-memory-power-of-your-brain/3290/



Meningkatkan Memori


Tidur siang terbukti meningkatkan kinerja working memory. Jenis memori ini dibutuhkan ketika kamu sedang mengerjakan tugas yang kompleks, dimana kamu harus fokus pada satu hal sekaligus menangani beberapa hal lain dalam ingatanmu.

source: https://hashadhira.wordpress.com/2015/08/30/physics-phobia/
baca juga



Memaksimalkan Potensi Kafein


Studi oleh sekelompok peneliti yang berafiliasi dengan St. John's Mercy Medical Center dan St. Luke's Hospital di Missouri, Amerika Serikat mempelajari efektivitas tidur siang dan mengkonsumsi kafein sebagai persiapan untuk jaga malam. Hasilnya, gabungan antara tidur siang dan kafein terbukti meningkatkan kewaspadaan serta performa para pekerja di malam hari. Jadi, kopi saja enggak cukup, lho.

source: http://www.madeinsingapore.sg/when-is-the-best-time-to-drink-coffee/



Mengurangi Tingkat Stres


Kurang tidur meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon yang juga dikenal sebagai hormon stres ini membantu tubuh dalam menentukan fight or flight response saat situasi mendesak.

Namun, hormon kortisol yang berlebihan meningkatkan intoleransi glukosa, lemak perut, melemahkan sistem otot dan imun, mengganggu proses belajar dan ingatan, serta  menurunkan hormon pertumbuhan dan testosteron. Dalam jangka panjang, keadaan ini dapat menyebabkan diabetes dan gangguan jantung.

Saat tidur, tubuh kita memproduksi hormon pertumbuhan yang memberi manfaat kebalikan dari hormon kortisol. Dengan tidur siang, kita memberi kesempatan bagi otak untuk beristirahat, dan memperbaiki tubuh.

source: http://www.outbounders.tv/bporelaxatwork/