Ketahui Latar Belakang Perusahaan


Mengetahui sejarah dan bidang kerja perusahaan saja tak cukup. Kamu harus mengetahui etos kerja dan prinsip-prinsip perusahaan yang kamu lamar. Dengan demikian, para pewawancara akan melihat bahwa kamu benar-benar sudah melakukan riset tentang perusahaan terkait, dan enggak hanya asal melamar.

source: http://www.bbc.com/news/av/technology-29414373/sir-tim-berners-lee-explains-why-he-pays-for-online-services



Pahami Job Desc


Tak cukup hanya mengetahui latar belakang perusahaan, kamu perlu mengetahui apa jobdesc pekerjaan yang kamu incar. Hendak bekerja sebagai analyst? Tandanya kamu harus menguasai program-program data processing, siap bekerja lembur, dan siap menghadapi tuntutan klien. Bayangkan saja, bagaimana pewawancara mau memberikan pekerjaan pada pelamar yang bahkan tak paham tugas-tugas yang akan dilakukan?

source: http://andstaffing.com/good-bye-drab-job-postings-hello-compelling-descriptions/
baca juga



Ceritakan Keahlian dan Pengalaman


Sebagai fresh graduate, mungkin kamu tak punya pengalaman kerja yang dapat diceritakan. Hal ini bukan masalah, karena sebagian lamaran pekerjaan memang terbuka bagi fresh graduate. Namun kamu perlu menceritakan keahlian dan pengalamanmu untuk memberi gambaran bagi pewawancara. Ceritakan mata kuliah yang kamu ambil, serta organisasi dan kepanitiaan yang kamu ikuti. Tanpa disadari, pengalaman itu dapat memberitahu pewawancara bagaimana tipe pekerjaan yang pernah kamu lakukan.

source: http://smashinghub.com/10-things-you-must-know-to-nail-your-first-job-interview.htm


Latihan
Terkait interview kerja, latihan wawancara akan selalu membawa manfaat. Selain dapat mengenali pertanyaan yang kira-kira diberikan dan jawaban yang sesuai, kamu dapat melatih bahasa tubuh pembawaan saat wawancara.
source: http://hrvietnam.com/career-advice/8-important-tips-for-skype-interviews.35a51426/en
baca juga



Percaya Diri!


Tips interview kerja fresh graduate yang utama adalah pembawaan yang percaya diri. Bahasa tubuh yang tepat akan menunjukkan bahwa kamu antusias dan bersemangat untuk mendapatkan pekerjaan ini. Lagipula, bagaimana pewawancara bisa yakin kamu adalah mantan ketua BEM yang berjiwa pemimpin, kalau kamu tampil grogi saat wawancara?

source: https://www.jobstreet.com.sg/career-resources/got-interview-coming-5-top-tips-get-feeling-300-confident/