Bulatkan Niat Dan Tekad


Melakukan olahraga sendiri di rumah biasanya jauh lebih sulit dibanding di tempat latihan. Mengapa demikian? Karena tidak ada sanksi atau paksaan dari siapapun, selain niat dari diri sendiri. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan tekad dan niat yang kuat. Selain itu diperlukan tujuan dan target yang harus dicapai. Misalnya dalam 3 bulan harus bisa mengecilkan perut atau dalam 1 bulan sudah harus menurunkan berat badan sekian kilogram. Dengan demikian, pasti latihan yoga akan lebih bersemangat, tanpa paksaan sekalipun.

source: http://www.cnnindonesia.com


 

Cari Tahu Gerakan Yoga


Sebelum berlatih, lebih baik mencari tahu sebanyak - banyaknya tentang gerakan yoga karena tiap gerakan atau pose mempunyai tingkat kesulitan masing - masing. Semua infornasi tentang yoga bisa didapatkan melalui buku - buku, internet ataupun membeli tutorial atau video tentang gerakan - gerakan yoga. Jika sudah ditetapkan tujuan seperti di atas, kamu dapat membaca atau membeli video yang berkaitan dengan tujuanmu, seperti gerakan untuk membakar lemak, gerakan untuk mengecilkan perut, dan sebagainya.

source: https://www.sfidn.com


 

baca juga

Siapkan Peralatan Untuk Berlatih


Setelah menyiapkan materi gerakan, jangan lupa menyiapkan segala peralatan yoga. Peralatan yoga pada gerakan - gerakan dasar hanya matras yoga dan pakaian olahraga. Pilihlah matras khusus untuk yoga, dimana matras ini tidak mudah bergeser dari lantai. Hal inilah yang membuat resiko cedera makin kecil. Untuk pakaian, pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat, agar tubuhmu dapat bergerak bebas. Yang penting adalah kenyamanan. Seiring dengan meningkatnya kualitas latihan, ada seperangkat peralatan yoga yang dapat dipakai sebagai alat bantu seperti bola, balok, tali dan sebagainya.

source: http://mixacademia.blogspot.co.id/2012_08_01_archive.html


 

Butuh Tempat Yang Nyaman Dan Tenang


Latihan yoga membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Walaupun di rumah, sebaiknya carilah tempat yang cukup nyaman agar latihan ini dapat berhasil dengan baik. Selain nyaman, usahakan agar lokasi tersebut memiliki suasana yang tenang dan luas agar mudah bergerak tanpa cedera. Tenpatkan matras 10 cm sampai 20 cm dari dinding untuk menghindari benturan. Pilihlah juga ruangan yang tidak lembab atau terlalu dingin. Karena ruangan dengan suhu ini tidak baik untuk pernafasan, dimana pada latihan yoga membutuhkan teknik pernafasan yang baik.

source: http://id.wikihow.com


 

baca juga

Tingkatkan Durasi Waktu Secara Perlahan


Sama seperti olahraga yang lain, kualitas latihan adalah hal yang penting. Agar latihan dapat lebih maksimal, berlatihlah secara rutin. Tingkatkan durasi latihan secara perlahan. Misalnya 3 kali dalam seminggu ditingkatkan menjadi 5 kali dalam seminggu. Atau 30 menit setiap sesi dan ditingkatkan menjadi 1 jam dalam setiap sesi. Hal ini bertujuan agar tubuh mulai terbiasa dengan porsi latihan. Dengan latihan yang terarah, tubuhpun akan termotivasi terus untuk berlatih.

source: https://www.sfidn.com/
5 tips yoga di rumah, mudah untuk dilakukan bukan? Ayo segera praktekkan dan lihat hasilnya.