Penyakit batu ginjal merupakan penyakit dimana terdapat batu kecil yang berbentuk di dalam ginjal dan menghambat saluran pencernaan untuk keluar dan bekerja. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu. Gejala yang dirasakan yaitu, penderita batu ginjal akan mengalami infeksi ginjal di antaranya urine tampak keruh dan berbau tidak sedap, badan lemas, menggigil, dan juga mengalami demam tinggi.

Lantas, dapatkah penderita batu ginjal berpuasa? Inilah tips puasa bagi penderita batu ginjal :


 

Konsultasikan pada Dokter


Sebelum memutuskan untuk puasa, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu. Periksa apakah kondisi tubuhmu mampu diajak untuk berpuasa. Jangan pernah meremehkan kondisi diri sendiri, niat ingin beribadah, malah justru jadi membahayakan kesehatan. Sebenarnya dokter tidak menyarankan penderita batu ginjal awal untuk berpuasa sebab mereka diwajibkan untuk minum 2 – 4 liter air setiap harinya, sementara saat puasa, mereka akan kehilangan cairan dalam 14 jam. Namun ada baiknya memang ditanyakan lebih lanjut supaya puasa terasa aman dan nyaman.

source: http://media1.popsugar-assets.com/files/2014/09/12/507/n/1922729/c8bff416d8c43e10_thumb_temp_cover_file8452391399840222.xxxlarge/i/What-Lies-Do-Women-Tell-Doctors.jpg


 

baca juga
Perhatikan Stadium Penyakit Batu Ginjal
Tips puasa bagi penderita batu ginjal lainnya yaitu mengetahui dengan seksama stadium penyakit batu ginjal yang tengah diderita. Untuk penderita batu ginjal awal, disarankan untuk menghindari berpuasa terlebih dahulu, karena sedang membutuhkan asupan air yang banyak bahkan hingga 4 liter per hari.

Tetapi hal ini justru tidak berlaku pada orang yang memiliki penyakit ginjal kronik, baik yang sudah melakukan cuci darah (dialisis) atau belum, karena ternyata malah diperbolehkan untuk menjalani puasa. Hal tersebut karena jumlah urine yang dikeluarkan cenderung menurun atau justru tidak ada sama sekali, sehingga orang tersebut harus membatasi asupan cairan yang masuk ke tubuhnya. Dengan ini, tentu tidak akan mengganggu puasa.
source: http://penyakitbatuginjal.com/


 

Jangan Sahur dan Berbuka dengan Berlebihan


Jika sedang proses dialisi atau menjalani cuci darah, sebaiknya kamu harus lebih waspada saat menjalankan puasa wajib. Perhatikan porsi makanan saat sahur dan berbuka, karena mengonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan saat berbuka dapat menyebabkan kenaikan kadar kalium darah dan berat badan serta kelebihan cairan di antara tenggat dialisis.

source: http://www.mandiriyes.com/artikel/healthy/rahasia-panjang-umur-makan-lebih-sedikit/


 

baca juga

Sebenarnya penderita batu ginjal tetap diperbolehkan berpuasa karena memang ada manfaatnya. Namun, untuk penderita batu ginjal awal, disarankan untuk tidak melakukan puasa terlebih dulu karena nantinya akan berdampak tidak baik pada tubuh. Semoga info ini bermanfaat ya, Beautynesian!