1. Bersihkan dengan Kain

Hal utama yang harus dihindari adalah mencuci ransel kulit dengan sikat. Bahkan menggunakan tisu pun jangan. Sebab tekstur kasar dan tajam dapat membuat permukaan kulit ransel akan mudah terkelupas. Jadi untuk menghilangkan noda lebih baik dibersihkan dengan kain berbahan lembut. Jika nodanya masih susah hilang, kamu bisa coba gunakan bubuk kapur tulis lalu diusapkan dengan kain lembut. 

source: http://blog.tokounix.co.id


 

baca juga

2. Gunakan Pelembap Kulit

Bukan hanya wajah yang harus dirawat dengan pelembab saja, tetapi ada juga jenis pelembab yang bisa digunakan untuk ransel berbahan kulit. Pilihannya adalah moisturizer atau wax (lilin). Cara pakainya kamu bisa oleskan perlahan dan kemudian menghapus jika nodanya sudah hilang. Namun, harus hati-hati dalam memilih jenis pelembap, karena setiap jenis pelembap memiliki spesialisasi fungsi tersendiri.

source: http://blog.qlapa.com


 

3. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Permukaan kulit akan sangat sensitif jika sering terkena sinar matahari secara langsung. Untuk itu, setelah dibersikan dengan kain lembut, kau bisa mengeringkannya dengan cara membiarkannya di ruang bebas udara hingga kering dengan sendirinya. Permukaan kulit yang terlalu sering terkena sinar matahari akan mudah pudar dan juga permukaanya lebih mudah terkelupas.

source: http://butikonlinejualbajudresskorea.blogspot.co.id


 

baca juga

4. Jangan Ditumpuk

Cobalah untuk menyimpan ransel kulitmu dengan rapi, misalnya menyimpannya dengan cara di gatung. Sebisa mungkin jangan menumupuk tas kulit karena akan membuat permukaan kulitnya cepat rusak. Permukaan kulit sebaiknya disimpan si tempat yang jauh dari debu supaya tidak cepat usang. Sebaikna, sediakan lemari khusus untuk menyimpan tas agar terlihat lebih rapi.

source: http://blog.qlapa.com

Itu dia tips merawat tas ransel bahan kulit asli yang bisa kamu lakukan di rumah! Setelah ini, tas ranselmu bisa terlihat baru lagi!