Tentunya semua orang ingin menjalankan ibadah puasa ramadhan dengan lancar selama 30 hari. Nah, bagi penderita diabetes dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa, harus ekstra hati-hati. Kesalahan dalam menjalankan puasa justru dapat membahayakan kesehatan. Inilah beberapa tips puasa bagi penderita diabetes yang aman :

Konsultasikan ke Dokter Terlebih Dahulu


Berpuasa bagi penderita diabetes tipe 1, harus berhati-hati. Mengapa? karena memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan penderita diabetes tipe 2. Maka dari itu cobalah berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa. Meskipun penderita diabetes tipe 2 cenderung lebih aman dalam menjalankan puasa, namun tetap harus dikonsultasikan dengan dokter.

source: https://forum.facmedicine.com/data/MetaMirrorCache/4f823ddd04c33e2e9f889f613d9cca49.jpg


 

baca juga
Dianjurkan Memeriksa Gula Darah Secara Rutin
Khusus penderita Diabetes Mellitus tipe 1 dan 2 yang mandapatkan insulin, diharuskan untuk rutin melakukan pemeriksaan gula darah beberapa kali dalam sehari. Hal tersebut agar kamu dapat mengetahui risiko dan cara penangannya jika terjadi sesuatu. Kamu bisa melakukan pemeriksaan gula darah saat sebelum berbuka dan dua jam setelah berbuka, lalu sebelum tidur, sebelum sahur, pada siang hari dan pada saat yang dibutuhkan. Pentingnya pencegahan daripada mengobati.
source: https://tentangdiabetes.wordpress.com/2015/05/30/sudahkah-anda-memeriksa-gula-darah-anda/


 

Perhatikan Suntikan Insulin


Kalau kamu sedang mendapatkan suntikan insulin, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dengan dokter dan mengganti insulinnya dengan kombinasi antara short dan intermediate-acting, karena biasanya insulin yang dipakai sehari-hari adalah long-acting, yang baru bereaksi maksimal 10 jam sesudah disuntikkan.

source: http://obattradisionaldiabetes.co/solusi-kadar-gula-tinggi/mengobati-penyakit-gula-dengan-jus-buah-tahitian-noni/


 

baca juga
Hindari Makanan dan Minuman Manis
Berpuasa memang akan lebih nikmat saat menyantap makanan dan minuman yang manis-manis. Eitss.. buat kamu penderita diabetes harus sangat berhati-hat ya. Kamu boleh minum teh manis dengan gula diet dan juga menyantap salad buah, jus/smoothie pisang-stroberi, dan takjil seperti kurma atau kolak pisang. Perhatikan dengan baik setiap makanan yang dikonsumsi, perbanyaklah air putih dan hindari kafein. Saat berbuka, hindari makan dengan porsi berlebihan, dan hindari makan makanan manis atau berlemak, karena itu semua akan berpotensi hiperglikemia.
source: http://sehatalamiku.com/pola-makan-diet-sehat-untuk-penderita-diabetes/


 

Makanan yang Dianjurkan
Untuk menjaga kelancaran saat berpuasa, kamu wajib sekali memperhatikan menu makanan yang disantap saat sahur dan juga berbuka puasa. Nah, beberapa makanan yang disarakan untuk penderita diabetes yaitu buah dan sayuran, roti, sereal atau nasi, daging, ayam, ikan, atau kacang-kacangan, susu dan yoghurt. Jangan tergoda untuk mengonsumsi makanan seperti junk food.
source: http://oimedia.blogspot.co.id/2016/02/hindari-diabetes-dengan-11-langkah.html



 

Batalkan Puasa Jika Mengalami Hal yang Tak Beres


Meskipun penderita diabetes tetap diperbolehkan untuk menjalani puasa, namun ketika kadar gula darahnya <70 mg/dl atau >300 mg/dl, maka penderita diabetes dianjurkan membatalkan puasanya atau saat gula darahnya naik menjadi 300mg/dl atau lebih dari itu. Jangan memaksakan sesuatu jika itu justru membahayakan diri kamu ya. Masih ada kesempatan mengganti puasa ketika keadaan sudah stabil nantinya.

source: http://lifestyle.okezone.com/read/2017/05/29/196/1702498/selain-makan-dan-minum-apa-saja-sih-hal-hal-yang-membatalkan-puasa


 

Hal penting yang harus diingat adalah, bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati. Puasa memang memberikan efek baik pada kesehatan tubuh, namun pentingnya bagi penderita diabetes untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan puasa wajib ini, jangan malah berdampak buruk bagi kesehatannya. Selamat berpuasa!