Sambal

Meskipun hanya pendamping, tapi penikmat pedas pasti akan setuju kalau makanan akan terasa beda tanpa sambal. Indonesia memiliki hampir tiga ratus variasi jenis sambal.

Untungnya, sambal nggak sulit untuk dibuat sendiri. Kamu hanya perlu berbekal cobek untuk mengulek sambal. Bahan-bahannya pun tergolong sederhana, seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, garam, terasi, dan sebagainya. Setelah itu, kamu bebas membuat beragam sambal favorit untuk dinikmati.

source: https://www.indoindians.com/12-famous-sambal-in-indonesia/


 

Tempe Penyet

Hidangan khas Jawa Timur ini memiliki rasa gurih dan pedas. Nikmat dimakan bersama nasi putih hangat, apalagi kalau tempenya baru diangkat dari penggorengan.

Apabila kamu bisa membuat sambal, maka kamu hanya butuh tambahan tempe goreng untuk membuat tempe penyet. Setelah membuat sambal penyet, masukkan irisan tempe goreng. Lumuri tempe dengan sambal sambil sedikit dipenyet-penyet. Jadi deh!

source: https://resepkoki.id/2017/03/02/resep-tempe-penyet/


 

baca juga

Pepes Ikan dan Botok

Gemar makan ikan goreng dan tahu goreng? Coba sekali-kali kamu mengolahnya dengan cara membuat pepes ikan dan botok. Metode masak dengan cara mengukus tak hanya sehat, namun juga mudah dan enak. Kamu dapat menggunakan magic jar untuk mengukusnya.
 

source: http://resepcaramasak.com/resep-membuat-pepes-ikan-teri-basah-sedap/


 

Plecing Kangkung

Hidangan yang sehat dan mudah ini dapat kamu buat kalau kamu memiliki peralatan untuk membuat sambal, lho. Setelah membuat sambal tomat segar, kamu hanya perlu menambahkan kangkung rebus, tauge dan kacang tanah goreng. Sambal tomat akan memberi rasa yang kompleks pada kangkung rebus. Segar!

source: http://harianresep.blogspot.co.id/2015/04/resep-plecing-kangkung.html


 

baca juga

Sayur Urap

Kalau plecing kangkung adalah sayuran rebus yang dibumbui dengan sambal tomat, maka sayur urap adalah sayuran rebus yang dibumbui parutan kelapa gurih. Sayuran seperti kol, bayam, kangkung dipotong-potong kemudian direbus sebentar, ditambah tauge segar. Parutan kelapanya memang perlu diberi bumbu halus yang agak rumit, seperti  cabai, kencur dan bawang putih. Namun dengan bantuan blender, kamu tak akan kesulitan membuatnya.

source: https://wendyinkk.blogspot.co.id/2014/03/urab-bali-balinese-salad-indonesia-aff-3.html

Yap, itulah beberapa makanan khas Indonesia yang mudah dibuat dan nggak pakai lama. Happy trying, Beautynesian.