Memaksimalkan Proses Detoksifikasi Tubuh

Tahukah kamu kalau makanan-makanan siap saji dan olahan yang biasa kita konsumsi sehari-hari mengandung banyak sekali aditif zat kimia. Jika terus menerus dikonsumsi, zat kimia tersebut dapat menumpuk dan menjadi racun dalam tubuh. Zat kimia yang tersimpan kebanyakan mengendap dalam lemak tubuh. Salah satu cara alami untuk menghilangkan lemak racun ini adalah dengan berpuasa secara rutin. Lemak ini akan dibakar saat seseorang berpuasa secara berkelanjutan.
 

source: https://goo.gl/images/jtXBWU


 

Menyehatkan dan Memaksimalkan Fungsi Sistem pencernaan

Tahukah kamu kalau selama berpuasa, organ-organ pencernaan juga akan beristirahat? Walaupun begitu, fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal. Misalnya, produksi sekresi pencernaan yang berkurang, untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain itu, proses pemecahan makanan juga terjadi dalam tingkat yang stabil. Makanan yang digunakan dalam proses pelepasan energi juga berjalan pada pola yang bertahap. Secara keseluruhan, sistem pencernaan akan memperoleh waktu untuk proses revitalisasi sehingga fungsinya pun dapat meningkatkan saat berpuasa.

source: http://www.alodokter.com/seperti-apa-proses-pencernaan-dan-penyerapan-makanan-di-dalam-tubuh


 

baca juga

Mengurangi Kadar Gula Darah

Berpuasa juga sangat bermanfaat dalam mengurangi kadar gula dalam darah, lho. Hal ini disebabkan oleh peningkatan proses pemecahan glukosa pada tubuh agar dapat memperoleh energi. Peningkatan proses pemecahan glukosa akan mengurangi produksi insulin di pankreas, sebaliknya glukagon diproduksi untuk memudahkan pemecahan glukosa. Jadi, dengan berpuasa kita dapat mengurangi kadar gula pada darah.

source: https://goo.gl/images/Hr3E6M


 

Mengurangi Risiko Hipertensi

Ingin mengurangi tekanan darah tanpa menggunakan obat? Berpuasalah! Puasa dapat mengurangi risiko aterosklerosis, yaitu proses tersumbatnya arteri oleh partikel lemak penyebab darah tinggi. Selama berpuasa, cadangan glukosa dan lemak dalam tubuh digunakan untuk menghasilkan energi. Selain itu, tingkat proses metabolik tubuh berkurang, hormon yang dihasilkan seperti adrenalin dan noradrenalin juga berkurang. Dengan demikian, proses metabolisme tubuh akan berjalan stabil, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

source: https://goo.gl/images/j0MTQt


 

baca juga

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menjalankan diet yang seimbang saat puasa, dapat meningkatan kekebalan tubuh. Peningkatan kekebalan tubuh ini karena terjadi karena tubuh melepas racun dan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh selama puasa. Jika kemudian diikuti dengan mengonsumsi makanan alami yang segar seperti buah-buahan yang mengandung air saat berbuka puasa, maka asupan vitamin dan mineral akan meningkat.
 

source: https://goo.gl/images/GajTpQ