1. Gerakan Yoga Tadasana

Gerakan ini adalah gerakan yang paling mendasar. Gerakan ini cukup mudah dilakukan pada usia lanjut sekalipun. Gerakan tadasana akan merenggangkan otot di seluruh badan, memperlancar sirkulasi darah, mengencangkan perut dan menurunkan berat badan tentunya.

  • Berdiri tegak, jinjitkan kaki dan kemudian membuang nafas.
  • Kembali ke posisi semula diiringi dengan menghembuskan nafas secara perlahan.
Lakukan gerakan ini 5 sampai 10 kali secara berulang dalam satu kali sesi latihan yoga.
source: http://tipsdietsmart.com


2. Gerakan Yoga Pavanamuktasana

Gerakan ini juga tidak sulit untuk dilakukan, terutama bagi pemula. Gerakan ini akan membuat kontraksi otot perut, sehingga lemak di perut akan terbakar. Gerakan ini sangat cocok untuk mengecilkan perut yang buncit dengan cepat.
  • Caranya, kamu tinggal berbaring di matras dengan kaki lurus.
  • Kemudian tarik nafas secara perlahan sambil mengangkat wajah dan kaki kanan.
  • Ciumlah lutut sambil menghembuskan nafas.
  • Usahakanlah agar punggung tetap rata pada matras.
  • Lakukan gerakan tadi pada kaki kiri dan lakukan kembali pada kaki kanan.
  • Ulangi gerakan ini sampai 5 kali.
source: http://tipsdietsmart.com
baca juga



3. Gerakan Yoga Marjasarana

Selain bermanfaat untuk mengontrol emosi, gerakan ini dapat mengencangkan otot pada perut. Gerakan ini cocok di segala usia, karena mudah untuk dilakukan.

  • Buat posisi seperti merangkak, pergelangan tangan sejajar dengan bahu.
  • Usahakan posisi lutut di bawah pinggul.
  • Tarik nafas panjang diikuti dengan mengencangkan perut serta tarik bagian bokong ke atas.
  • Hembuskan nafas diiringi dengan menarik dagu ke atas dada.
  • Lengkungkan bagian punggung dan bokong kebawah.
  • Ulangi beberapa kali.
source: http://tipsdietsmart.com



4. Pose Yoga Naukasana

Gerakan yoga ini memerlukan keseimbangan tubuh. Gerakan yoga naukasana bermanfaat untuk menghilangkan lemak di perut, dimana lemak akan terbakar dengan beberapa latihan gerakan ini. Lemak yang terbakar tentu akan menurunkan berat badan.

  • Baringkan tubuh dengan kaki lurus.
  • Tarik nafas perlahan diikuti mengangkat kepala serta bahu ke atas.
  • Angkat juga kaki sampai posisi sama tinggi dengan pundak.
Gerakan ini berpusat pada perut sebagai titik tumpu. Tahan 30 sampai 60 detik dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 5 kali. Gerakan yang rutin akan mengencangkan perut serta menurunkan berat badan.
source: http://food.ndtv.com
baca juga



5. Pose Yoga Bhujangasana

Gerakan yoga lain yang dapat melangsingkan tubuh adalah gerakan bhujangasana. Gerakan ini dapat membakar lemak di perut, mengencangkan perut dan membuat perut menjadi lebih kecil.

  • Rebahkan tubuh dengan posisi tengkurap.
  • Letakkan telapak tangan di bawah bahu.
  • Angkat tubuh dengan bantuan tangan untuk menyangga tubuh.
  • Lakukan secara perlahan sambil menarik nafas.
  • Kembalilah ke posisi semula.
  • Dan lakukan secara rutin.
source: http://tipsdietsmart.com



6. Gerakan Yoga Crescent

Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut, pinggul, paha dan betis.

  • Berdirilah dengan kaki sejajar.
  • Satu kaki maju ke depan, tangan digerakkan ke atas kepala secara perlahan.
  • Hembuskan nafas dan condongkan tubuh kedepan melebihi pinggang.
  • Hembuskan nafas diikuti dengan menarik kaki kanan ke belakang ditekuk 90 derajat.
  • Tarik nafas dan angkat tangan ke atas kepala.
  • Tahan sebentar dan kembali ke posisi semula.
source: http://www.livestrong.com

Yoga adalah olahraga yang mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal untuk diet. Mau cepat langsing namun tetap sehat? Ikuti tips yoga untuk diet di atas ya!