Ketahui Ukuran Kaki dengan Detail

Setiap brand punya standar ukuran sepatu yang berbeda-beda. Ukuran sepatu nomor 39 di brand A belum tentu sama dengan ukuran sepatu nomor yang sama di brand B. Karena itu, pastikan kamu mengetahui ukuran kaki secara detail sebelum membeli sepatu secara online. Dengan mengetahui ukuran kaki secara detail, kita bisa memilih ukuran sepatu yang tepat menggunakan size chart yang biasanya disediakan oleh pemilik online shop.

source: https://bootmoodfoot.com/measure-foot-size-boots/


 

Tentukan Jenis Sepatu yang Akan Dibeli

Kebiasaan widow shopping bisa membuat kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Untuk menghindari hal itu, tentukan jenis sepatu yang akan dibeli sebelum kita mengunjungi website atau Instagram online shop. Kalau kita membeli sepatu di website, gunakan filter untuk memudahkan kita mencari sepatu sesuai dengan keyword yang digunakan.

source: https://www.wix.com/blog/2015/06/11-tips-for-effective-product-photography/


 

baca juga

Pilih Online Shop yang Terpercaya

Hal paling penting yang harus dipertimbangkan sebelum berbelanja sepatu secara online adalah memilih online shop yang terpercaya. Ada beberapa indikator yang bisa kita gunakan untuk menilai kualitas online shop, antara lain adalah review dari pembeli lain. Jangan malas untuk memeriksa kolom komentar pada lapak online. Kalau perlu, cari juga review pembeli melalui search engine Google.

source: http://www.mamamia.com.au/female-handshake/


 

Pilih Produk dengan Real Photo

Foto produk yang tidak nyata seringkali membuat kita tertipu karena barang yang sampai tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Kebanyakan online shop memang hanya mengambil foto dari produsen yang sering tidak sama dengan wujud produk yang asli. Agar tidak tertipu, cari online shop yang menampilkan real photo pada toko online mereka.

source: https://www.wix.com/blog/2015/06/11-tips-for-effective-product-photography/


 

baca juga

Bandingkan Harga dengan Online Shop Lain

Sama seperti toko yang ada di pasar, dalam berbelanja online pun kita akan sering menemui barang yang sama tapi dijual dengan harga berbeda oleh online shop lain. Nah, agar kita bisa mendapatkan barang terbaik dengan harga termurah, selalu cek harga barang di online shop lain sebelum membeli. Tapi ingat ya, pastikan online shop yang kita bandingkan juga sama-sama terpercaya.

source: http://www.gadgetmedia.org/2014/07/comparing-best-deals-in-online-shopping.html


 

Hitung Ongkir

Saat berbelanja, kadang kita lupa memperhitungkan ongkos kirim atau ongkir. Akibatnya, biaya justru jadi membengkak karena barang harus dikirim dari lokasi yang jauh. Untuk menghindari ongkir yang besar, pilih online shop dengan lokasi yang paling dekat dengan daerah tempat tinggal kita. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan promo free ongkir yang sering ditawarkan oleh online shop dengan minimal pembelian tertentu.

source: https://www.sulekha.com/domestic-courier-services/mumbai


 

Simpan Bukti Pembelian

Tips belanja sepatu online yang terakhir adalah selalu simpan bukti pembelian setelah kita berbelanja secara online. Bukti pembelian akan sangat membantu kita untuk melakukan penukaran barang kalau barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Memang sih, tidak semua online shop menerima komplain setelah barang sampai ke rumah kita. Maka dari itu, pastikan untuk membaca term & condition masing-masing online shop sebelum kita memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut.

source: http://www.bbc.com/news/business-37763975