Sereal, Susu, dan Jus Jeruk

Tiga makanan dan minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi dalam waktu bersamaan. Zat asam yang terkandung dalam jeruk atau buah-buahan asam lainnya akan merusak enzim yang bertugas mencerna zat pati dalam sereal. Ditambah lagi, susu yang bercampur dengan zat asam akan membuat susu menggumpal sehingga semakin sulit untuk dicerna. Kombinasi ini dapat mengakibatkan rasa sakit di ulu hati serta perut kembung yang tidak nyaman.

source: http://www.stylecraze.com/articles/dangerous-food-combinations-to-avoid/#gref


 

baca juga

Makan dan Minum Dalam Waktu Bersamaan

Saat hendak makan di rumah, tanpa berpikir panjang kita akan mengambil segelas air atau minuman lainnya untuk menemani jam makan. Demikian pula halnya ketika makan di restoran, kita pasti memesan makanan sekaligus minuman. Ada berbagai alasan untuk hal ini, misalnya takut kepedasan, atau agar tenggorokan tidak terasa seret setelah makan.

Faktanya, minuman yang kamu konsumsi justru dapat menghambat kerja enzim yang bertugas mencerna makanan. Minuman seperti air, jus, atau teh akan mengencerkan enzim dan asam lambung, sehingga proses pencernaan jadi semakin lama, terutama ketika kamu makan karbohidrat kompleks atau protein hewani yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Sebaiknya, minumlah sekitar setengah jam sebelum dan sesudah makan.

source: http://www.huffingtonpost.com/2015/03/10/burger-king-soda-kids-meal_n_6836688.html


 

Makanan Dengan Zat Pati dengan Buah-Buahan

Makanan yang mengandung banyak zat pati seperti nasi, kentang, atau ubi sebaiknya tidak dikonsumsi bersama buah-buahan dalam waktu berdekatan. Zat pati membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibanding buah-buahan. Bayangkan ketika kamu mengkonsumsinya secara bersamaan. Buah-buahan akan 'tertahan' lebih lama di saluran pencernaan, dan akibatnya zat gula dalam buah-buahan dapat mengalami proses fermentasi. Beri jeda waktu sekitar 30 menit sebelum mengkonsumsi buah-buahan setelah makan.

source: http://www.cookingclassy.com/grilled-lime-salmon-avocado-mango-salsa-coconut-rice/


 

baca juga

Daging Hewan dan Gula

Seusai menikmati sepiring steak yang gurih, matamu tertuju pada sepotong cake Tiramisu yang menggiurkan. Eits, jangan buru-buru mengkonsumsinya, Beautynesian. Zat gula akan memperlambat kerja enzim yang bertugas mencerna protein. Akibatnya, proses perncernaan berjalan semakin lama, dan memperbesar kemungkinan bagi masalah pencernaan seperti perut kembung.

source: http://www.care2.com/greenliving/5-food-combinations-to-avoid.html

Dengan mengetahui makanan yang beracun jika dimakan bersamaan, berarti kini kamu harus lebih berhati-hati mengatur pola makanmu yah!