Kue Timphan

Jajanan tradisional Sumatera satu ini merupakan kue basah khas Aceh yang terbuat dari ketan dan pisang raja dengan aroma menggodanya. Kue kukus yang dibungkus dengan daun pisang ini memiliki varian isi yang bisa kamu pilih, seperti parutan kelapa, daging pisang dan srikaya.

Rasanya yang manis dan gurih serta aroma pisang yang menggiurkan pasti akan membuatmu sulit berenti untuk mengunyah si Timphan ini. Uniknya, hampir seluruh perempuan keturunan Aceh bisa membuat kue satu ini, karena keterampilan membuat Timphan memang diwariskan turun menurun, bahkan bisa diajari oleh tetangga lho! Sounds interesting, right?

source: http://www.wacana.co



Bika Ambon

Namanya boleh ada unsur ‘Ambon’ nya, tetapi kue satu ini enggak berasal dari Ambon, melainkan merupakan kue tradisional khas Sumatera Utara.

Bika Ambon merupakan kue yang sangat unik, mulai dari warnanya yang kuning mencolok, bentuknya yang seperti balok tetapi bagian dalamnya berongga-rongga, rasa manisnya yang legit, teksturnya yang kenyal, serta aromanya yang sangat khas. Bika Ambon sendiri terbuat dari tepung, nira, telur, santan, gula, daun pandan, vanili, dan daun jeruk.

source: http://resepdanmasakan.com
baca juga



Kue Basung

Kue Basung adalah kue tradisional Minang dengan bentuk kerucutnya yang unik. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, air, gula merah, dan garam, yang kemudian dibungkus dengan caun pisang dan dikukus hingga matang.

Well, Sumatera Barat enggak hanya punya makanan pedas, tetapi juga kue basung yang manis, bukan? And yup, you’ll in love with it!

source: http://sajiansedap.grid.id



Benjak Enjak

Well, dari namanya saja, kamu pasti bisa menebak kalau kue ini merupakan salah satu kue tradisional kan? Yup, Benjak Enjak merupakan kue tradisional khas daerah Lampung yang terbuat dari ketan, pisang, dan gula.

Kamu pasti akan suka dengan rasa manis dan teksturnya yang unik! Oh iya, kue satu ini bisa Beautynesian temukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional, So, if you’re in Lampung, just go to the nearest traditional market around you and grab your Benjak Enjak!

source: http://majalahkartini.co.id
baca juga



Bong Li Piang

Walaupun namanya seperti nama mandarin, Bong Li Piang berasal dari Pulau Sumatera, tepatnya Pulau Bangka llho! Bong Li Piang terbuat dari tepung terigu, santan, gula aren, dan isian selai nanas, sesuai dengan namanya, ‘Bong Li’ yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘nanas’. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok untuk dijadikan teman ngopi atau ngeteh.

source: http://www.imgrum.org