Kurangi Bumbu Mie Instan

Bumbunya yang gurih memang pas dan menjadikan mie instan makanan favorit. Namun bumbu dengan kadar garam dan MSG yang tinggi ini ternyata tidak baik bagi kesehatan. Secara umum, garam dan MSG mempunyai batas - batas aman tertentu untuk dikonsumsi oleh tubuh. Sebisa mungkin mengurangi bumbu mie instan, setidaknya setengah dari jumlah bumbu yang ada. Tidak akan mengurangi rasa jika kamu menambahkan bumbu buatan sendiri. Seperti bawang putih yang dihaluskan, kecap, saus, sedikit merica dan bumbu lainnya.

source: http://health.liputan6.com


 

baca juga

Tidak Mencampurkan Bumbu Ketika Mie Instan Sedang Dimasak

Saat memasak mie, jangan pernah mencampurkan bumbu dan mie secara bersamaan ke dalam air rebusan. Bumbu mie instan memiliki kandungan yang tidak sehat dan makin berbahaya ketika bercampur dengan suhu yang tinggi. Oleh sebab itu pisahkan bumbu dan campurkan pada saat mie diletakkan pada mangkuk saji.

source: http://rifa.co.id


 

Pastikan Mie Matang Sesuai Petunjuk

Setiap produk mie instan mempunyai cara memasak yang berbeda. Karena itu, pastikan kamu sudah memasak mie instan hingga matang sesuai petunjuk dan cara penyajian yang tertera pada bungkus mie. Mulai dari jumlah air yang disarankan, sesuaikan waktu memasak yang dicantumkan agar tekstur mie matang dengan sempurna. Tidak terlalu matang dan tidak mentah.

source: http://www.alodokter.com


 

baca juga

Buang Air Rebusan Pertama Mie Instan

Saat merebus mie, buang air yang pertama kali digunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung di dalam mie tersebut, sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat merebus mie, kuah dari mie akan berwana kuning pucat. Dengan membuang air rebusan, maka hal ini akan membantu meminimalkan lapisan lilin yang masuk ke dalam tubuh.

source: http://www.lengkapi.com


 

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Selalu biasakan memperhatikan tanggal kadaluarsa makanan jadi, termasuk mie instan. Idealnya mie instan memiliki batas waktu enam bulan. Jangan sampai kamu mengkonsumsi mie instan yang medekati tanggal kadaluarsa ataupun melewati tanggalnya. Mengapa demikian? Pada setiap bungkus mie instan pasti terdapat bumbu dalam bentuk kering. Bumbu inilah yang akan berbahaya jika medekati masa kadaluarsa, terlebih telah lewat.

source: http://www.sukasaya.com/2015/12/ada-yang-aneh-dengan-kemasan-indo-mie.html


 

Berikan Gizi yang Seimbang

Mie memang memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Namun mie instan hanya sekedar asupan karbohidrat saja. Mie dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Jika hanya karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, tentu tidak ada gizi yang seimbang. Sebisa mugkin berikan bahan - bahan lain seperti protein (nabati dan bewani) maupun serat, agar asupan makanan yang masuk lebih seimbang. Kamu dapat menambahkan sawi, caisim, wortel, tomat, tahu rebus atau bahkan telur. Tentu tubuhmu akan lebih sehat.

source: https://unik6.blogspot.co.id


 

Tips Menikmati Mie Instan Tanpa Rasa Bersalah

  • Jangan terlalu sering makan mie instan karena mengandung bumbu - bumbu yang tidak sehat.
  • Jangan mengkonsumsi mie instan sebelum tidur, karena mie terbuat dari tepung. Dimana tepung akan dicerna menjadi gula di dalam tubuh, dan ini akan mengganggu proses pencernaan.
  • Hindari menyantap mie bersamaan dengan nasi, karena mie dan nasi mengandung karbohidrat yang tinggi. Jika karbohidrat tidak diolah menjadi energi, maka ini akan berbahaya karena akan menjadikan tubuh memiliki kadar gula yang tinggi.
  • Hindari mengkonsumsi mie instan dalam keadaan mentah. Masaklah mie sesuai dengan petunjuk yang disarankan.
source: http://www.beritafresh.com

Pastikan kamu mengikuti tips memasak mie instan yang sehat ini ya. Selamat mencoba.