1. Bika Ambon

Kue yang terbuat dari tepung terigu, gula pasir, santan dan telur ini memang pas sebagai makanan berbuka puasa. Teksturnya yang agak padat namun lembut di mulut, pasti akan membuatmu ketagihan. Warnanya yang kuning dengan aroma wanginya yang khas, akan membuatmu memilih jajanan ini menjadi makanan berbuka yang lezat. Rasa manisnya pas jika ditemani dengan secangkir teh hangat.

source: https://demosmagz.com


 

<baca juga>

2. Klepon

Klepon adalah salah satu jajanan pasar yang dikenal oleh seluruh rakyat di Indonesia. Si bulat kecil yang hijau ini akan lumer di mulut ketika kamu mengunyahnya bersama gula merah yang ada di tengahnya. Ini karena gula merah yang ada di dalamnya menjadi pusat kenikmatan klepon ini. Terbuat dari tepung ketan dengan warna hijau sari daun pandan dan dibalut dengan parutan kelapa, akan mudah dijumpai diantara tumpukan jajanan untuk berbuka. Kamu tidak akan puas jika hanya menikmati satu butir saja. Wangi dan manisnya si bulat hijau ini akan membuatmu menambah beberapa butir.

source: http://selerasa.com


 

3. Serabi

Jajanan buka puasa yang satu ini berbentuk bulat karena terbuat di atas cetakan tanah liat, yang dipanaskan menggunakan tungku. Walaupun sekarang serabi dimasak secara lebih modern, namun memasak dengan tungku akan menghasilkan serabi yang jauh lebih wangi dan nikmat. Serabi terbuat dari tepung beras, santan dan campuran gula merah. Ada banyak variasi serabi di beberapa daerah di Indonesia. Terlebih sekarang, serabi dibuat dengan berbagai toping dengan aneka pilihan rasa sesuai kebutuhan.

Walaupun demikian, serabi dengan rasa asli masih tetap dipertahankan, yaitu serabi dengan siraman gula merah diatasnya. Aromanya yang gosong di bawah dan rasa manis yang kuat diatas adalah perpaduan yang sempurna ketika masuk ke mulut. Rasanya pun lembut dan pas, membuat serabi menjadi makanan favorit berbuka puasa.

source: http://ncc-indonesia.com


 

<baca juga>

4. Kue Lumpur

Walaupun namanya kue lumpur, tetapi rasanya sangat nikmat. Kue basah yang satu ini berwarna kuning cerah dengan kismis diatasnya. Banyak digemari dan diburu sebagai jajanan buka puasa karena mempunyai rasa yang manis dan lembut. Terbuat dari tepung terigu, kue lumpur ini banyak dijumpai, terlebih saat bulan puasa. Menikmati 1 buah kue lumpur saat berbuka, rasanya sudah pas karena kue ini padat, namun tidak terlalu mengenyangkan.

source: http://www.kulinersehat.com


 

5. Apem Kukus

Ada banyak variasi apem kukus, namun apem kukus yang terbuat dari tepung beras adalah yang paling nikmat untuk berbuka. Sesuai namanya, kue ini dibuat dengan cara dikukus. Jadi lebih sehat tentunya. Apem kukus yang berwana merah muda ini adalah camilan yang pas saat berbuka karena tidak terlalu mengenyangkan. Wanginya berasal dari sari pandan. Di beberapa tempat, alas apem kukus menggunakan daun pisang. Jadi wanginya apem kukus ini pasti akan membuatmu ketagihan.

source: http://satriasvc.blogspot.co.id


 

6. Kicak

Kicak banyak dijumpai di pasar - pasar tradisional ataupun dijajakan di saat bulan puasa. Kicak memiliki cita rasa manis yang kuat karena terbuat dari beras ketan yang ditumbuk setengah halus dan dicampur dengan gula pasir dan daging buah nangka. Kicak memang pas sebagai jajanan untuk berbuka, terlebih ditambah dengan taburan kelapa parut. Rasa manisnya berbaur dengan taburan kelapa parut yang gurih.

source: http://www.tokomesin.com


 

7. Kue Pisang

Kue pisang sering disebut sebagai nagasari. Sesuai namanya, kue ini berisi pisang yang dibalut dengan tepung beras dan akan menghasilkan takjil yang enak. Dimasak dengan dikukus bersama daun pandan dan dibungkus dengan daun pisang, aroma wanginya akan keluar dengan sempurna. Manisnya pisang berbalut dengan lembut, menjadikan kue pisang ini makanan favorit saat berbuka.

source: http://www.kulinersehat.com

Jadi, tunggu apa lagi. Ayo berburu makanan buka puasa yang sesuai dengan seleramu.