Pengertian Mendasar Menstruasi Dan Awal Kehamilan

Mekanisme Haid
Haid adalah darah yang keluar akibat dinding rahim yang luruh akibat tidak adanya pembuahan. Pada umumnya, tiap bulan seorang wanita akan melepaskan satu buah sel telur dari ovarium. Sel telur ini akan bergerak lewat tuba fallopii (saluran telur) menuju uretus (rahim).

Pada perjalanannya, di tempat lain dinding rahim akan mengalami penebalan karena pengaruh hormon estrogen. Bila tidak terjadi pembuahan, sel telur tadi akan sampai ke rahim, dan pengaruh hormon estrogen akan menurun drastis. Hal ini menyebabkan dinding rahim yang tebal akhirmya luruh dan keluarlah darah haid.


Mekanisme Awal Kehamilan
Bila ada sperma yang masuk, maka sperma akan bertemu dengan sel telur di dalam saluran telur. Pertemuan ini akan melebur menjadi satu, yang disebut zygot. Zygot ini berjalan menuju rahim dan terus membelah menjadi embrio yang siap ditanam. Pertemuan ini akan merangsang hormon progesteron.

Oleh sebab itulah dinding rahim tidak luruh. Embrio inilah yang ditanam di dinding rahim, sehingga membuat dinding rahim menjadi terluka dan mengeluarkan darah. Darah ini adalah darah awal kehamilan.
 

source: http://www.edubio.info/2015/10/anatomi-organ-reproduksi-perempuan.html

Untuk mengetahui ciri - ciri darah saat haid dan awal kehamilan, lihat di sini yuk!

 

<baca juga>

Warna Darah

Saat Haid
Warna darah saat menstruasi atau haid adalah merah kehitaman. Hal ini disebabkan karena darah haid adalah darah kotor yang seharusnya dikeluarkan dari dalam setiap rahim wanita. Darah ini bersifat cepat kering. Jadi ketika tanpa sadar (setelah beberapa lama) kamu melihat fleknya pada pakaian dalammu, maka biasanya darah ini sudah mulai mengering dan berwarna kecoklatan. Namun pada beberapa wanita tidak menutup kemungkinan saat hari pertama haid, darahnya bisa saja berwarna merah muda

Awal Kehamilan
Saat awal kehamilan, warna darahnya cenderung lebih muda daripada warna saat haid. Meski pada sebagian kecil wanita, mengalami flek yang berwarna agak gelap. Pada kondisi ini, sifat darah tidak cepat mengering.

source: https://www.lyst.co.uk


 

Volume Darah

Saat Haid
Pada saat haid, volume darah biasanya banyak. Awal haid umumnya banyak dan sedikit berkurang di hari berikutnya, sampai berhenti di hari terakhir (tiap wanita mempunyai jumlah hari yang berbeda). Namun ada juga di hari pertama dan kedua sama banyaknya, tetapi terus berkurang sampai hari terakhir

Awal Kehamilan
Volume darah pada awal kehamilan cenderung sedikit. Biasanya akan berupa flek dan garis di pakaian dalam. Jumlah darah pada setiap wanita yang memasuki awal kehamilan juga bervariasi, namun tidak sebanyak saat haid.

source: http://makassar.tribunnews.com


 

<baca juga>

Lamanya Pendarahan

Saat Haid
Pada wanita dengan siklus haid yang normal akan mengalami mestruasi tiga sampai tujuh hari. Bahkan ada beberapa wanita yang kurang dari rentang waktu ini atau bahkan lebih. Tetapi tetap dalam batas yang wajar jika siklus haid datang secara teratur pada setiap bulannya.

Awal Kehamilan
Pada awal kehamilan, lama pendarahan tidak sepanjang saat haid. Biasanya hanya satu atau dua hari saja. Darah di awal kehamilan juga dapat muncul antara enam hingga dua belas hari sebelum terjadi haid. Oleh sebab itu ada baiknya memeriksa kalender haid untuk sekedar memastikan.

source: https://www.merdeka.com


 

Gejala Penyerta

Saat Haid
Nyeri panggul adalah gejala yang umum dialami sebagian besar wanita di saat datang bulan. Gejala ini dapat muncul di awal atau di akhir haid, karena setiap wanita mempunyai karakteristik yang berbeda.

Panggul akan terasa kram dan terkadang menjalar hingga ke rongga perut. Gejala lainnya adalah kram di payudara serta PMS (Pre Menstruasi Syndrome), yang membuat suasana hati menjadi tidak stabil di awal haid. Ini ditandai dengan cepat lelah, cepat marah atau gejala lainnya. Walaupun tidak semua wanita mengalami hal ini.

Awal Kehamilan
Hampir sama dengan saat haid, wanita di awal kehamilan akan mengalami nyeri. Namun nyeri ini disebabkan karena kondisi rahim yang mengalami perubahan akibat penyesuaian dengan embrio.

Selain itu juga adanya pembesaran payudara dan payudara menjadi lebih gelap. Hal ini disebabkan karena payudara mulai memproduksi ASI (air susu ibu). Wanita yang sedang hamil akan mengalami gejala morning sickness, yaitu mual di pagi hari (walaupun tidak semua) atau di sepanjang hari.

source: http://www.kabaribu.com/2016/11/tanda-tanda-awal-kehamilan.html

Setelah kamu tahu perbedaan darah menstruasi dengan darah awal kehamilan, kamu dapat mengantisipasi sedini mungkin (jika ini adalah awal kehamilan). Segera periksakan diri ke dokter ya!