(1) Tidak Cukup Tidur
source: https://image.freepik.com/


You’re probably aware how important it is to get beauty sleep. Tidur memang merupakan salah satu cara paling simple untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat. Ketika kamu tidur, tubuhmu akan memperbaiki tekstur dan mencerahkan complexion kulit dengan meregenerasi sel kulit dan menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit yang baru. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih cerah dan sehat. Nah kalau kamu tidak mendapatkan cukup tidur, it means waktu tubuh untuk meregenerasi sel kulit akan berkurang, sehingga kulitmu akan terlihat kusam.
 


(2) Kebiasaan Merokok

Beautynesian, tahukah kamu kalau kebiasaan merokokmu bisa menjadi penyebab munculnya jerawat dan kulit kusam? Kandungan nikotin di dalam rokok bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang membatasi asupan oksigen ke kulit. Plus, rokok juga bisa merusak nutrisi dan vitamin yang diperlukan kulit untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Akibatnya, luka di kulit akan lama sembuhnya, termasuk bekas jerawat di wajah. Selain itu, rokok juga mengandung senyawa karbon monoksida yang bisa merusak oksigen di kulit, sehingga menjadikan kulit terlihat lebih kusam. Jadi, segera hentikan kebiasaan merokokmu ya untuk kulit yang sehat dan cerah.
 
baca juga

(3) Minyak Berlebihan di Wajah
source: http://cdn-img.instyle.com/

Yes, kulit yang berminyak ternyata bisa menjadi akar permasalahan dari kulit kusam dan berjerawat lho. Kulit berminyak ini akan membuat kulit wajahmu terlihat lebih kusam dan gelap. Belum lagi, minyak yang bercampur dengan bakteri dan kotoran yang menyumbat di pori-pori ini bisa memicu jerawat untuk muncul lho. Jadi buat kamu yang memang memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya cari produk skincare yang bisa mengontrol minyak di kulit. Kamu bisa memulainya dengan menghidrasi kulitmu secara rutin menggunakan moisturizer gel yang gentle untuk kulit berminyak dan berjerawat karena tidak menyumbat pori.
 

(4) Sel Kulit Mati yang Menumpuk
source: http://www.searchhomeremedy.com/


Well, bisa dibilang masalah kulit kusam dan berjerawat ini berawal dari sel kulit mati yang menumpuk di kulit epidermis. Lapisn sel kulit mati yang menumpuk ini akan menutupi kulit baru yang lebih sehat dan cerah. As a result, kulitmu akan kehilangan cerah alaminya dan terlihat kusam karena yang terlihat di permukaan hanyalah sel kulit mati. Selain itu, sel kulit mati ini akan menyumbat pori-pori yang nantinya memicu timbulnya breakout.
 

baca juga

Polusi dan Kotoran
source: http://assets.inhabitat.com/


Polusi dan kotoran yang menempel di wajah bisa menjadi double combo yang sangat efektif untuk membuat kulitmu menjadi kusam dan berjerawat. Polusi yang dipenuhi oleh zat radikal bebas ini bisa mengikat dan merusak nutirisi dan kolagen di dalam kulit, sehingga menjadikan kulit lebih kusam dan rentan timbul jerawat. Lalu, debu dan kotoran juga bisa menyumbat pori-pori, which is all you need to get pimple to pop up on your face.
 
So, Beautynesian, itulah kelima hal yang paling sering menyebabkan masalah kulit kusam dan berjerawat. Sebenarnya, kamu bisa memperbaiki kondisi kulitmu dengan menghentikan kebiasaan burukmu seperti tidur larut malam dan merokok. Lalu, untuk mengatasi minyak, sel kulit mati, polusi, dan kotoran, kamu bisa mulai rutin membersihkan wajahmu dengan benar.
 


Terkadang, membersihkan wajah dengan sabun pencuci wajah dan makeup remover saja masih belum cukup untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Residu makeup, kotoran, dan sel kulit mati masih sering tertinggal di pori-pori kulit. Karena itu, kamu bisa mencoba Panasonic EH – SC50 Micro-Foaming, alat pembersih wajah terbaru dari Panasonic yang bisa membantu bersihkan makeup dan kotoran hingga ke dalam pori-pori. Produk multifungsi ini memiliki 3 fitur pembersih unggulan, yaitu:
  •  Warm makeup removal untuk membersihkan minyak dan makeup hingga ke lapisan dalam pori-pori dengan bantuan suhu hangat.
  • Brush and foam cleansing untuk membersihkan minyak, debu, dan kotoran secara menyeluruh dengan busa mikro dan bulu halus.s
  • Foam cleansing untuk membersihkan wajah lebih optimal dengan busa mikro yang lembut.

Kalau kamu sudah membersihkan wajahmu secara optimal, masalah kulit kusam dan jerawat bisa kamu atasi. Good luck, Beautynesian!
 
source: http://fast-japanesefood-tips.info/