Papeda

Well, nasi bukan segalanya dear. Di Papua dan Maluku, papeda atau bubur sagu merupakan makanan pokok masyarakat disana yang biasanya dikonsumsi dengan ikan kuah kuning. Teksturnya yang kenyal dan lengket dengan rasa yang tawar, serta perpaduan rasa gurih dari ikan kuah kuning akan memberikanmu pengalaman yang pastinya tidak akan terlupakan! Tidak hanya itu. Makanan satu ini juga penuh serat, cukup bernutrisi, dan rendah kolestrol lho.

source: http://www.bello.id



Klappertaart

Kalau Beautynesian suka makanan manis, dijamin kamu pasti suka Klappertaart. Klappertaart merupakan kue khas Manado yang terbuat dari kelapa, susu, mentega, telur, dan tepung terigu. FYI, kue ini terdiri atas 2 jenis yaitu Klappertaart tekstur padat yang dipanggang dan menggunakan roti, serta Klappertaart tekstur lembut yang tidak dipanggang, so you can feel it melts inside your mouth! Kue satu ini lebih nikmat jika disantap dalam keadaan dingin.

source: https://rasamasa.com
baca juga



Sate Bulayak

Walaupun tidak sepopuler ayam taliwang, kamu harus mencoba Sate Bulayak ini kalau ke Nusa Tenggara Barat atau Lombok, karena selain rasanya yang selangit, kamu akan sulit menemukan sate yang ‘berbeda’ ini di daerah lain.

Enggak seperti sate pada umumnya, Sate Bulayak menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya yang dibumbui dengan bumbu turun menurun. Sate ini akan disiram dengan saus yang terbuat dari kacang tanah sangria tumbuk, santan, dan rempah-rempah lainnya, serta disajikan bersama lontong yang disebut Bulayak. So yeah, now you know what’s the story behind its name.

source: https://www.indonesiakaya.com



Moke

Moke merupakan minuman khas dari Nusa Tenggara Timur, yang terbuat dari tanaman Lontara tau Enau. Moke terdiri atas 2 jenis, yaitu moke putih yang manis dan dapat dimasak menjadi gula merah, dan moke hitam atau tuak yang merupakan hasil fermentasi dari moke putih yang sering dihidangkan dalam acara pesta adat. Fun fact, Moke merupakan simbol adat, pergaulan, serta simbol persaudaraan bagi masyarakat Flores, NTT. 

source: http://azzamaviero.com


 

baca juga



Kue Bagea

Enggak hanya orang Inggris yang punya scone untuk dinikmati saat tea time lho! Masyarakat Palopo, Ternate, juga punya kue tradisional yang biasanya dinikamti bersama secangkir the atau kopi, yaitu kue Bagea.

Bagea merupakan kue dengan rasa gurih dan tidak terlalu manis yang terbuat dari tepung sagu dengan berbegai jenis rasa, seperti kacang, kenari, dan wijen. So, if you’re visiting Palopo, you should try this Palopo-style-scone and bring home lots of Bagea for you and your loved one at home!

source: https://www.doyanmasak.com