Bagi kamu penderita anemia, sebaiknya kamu mulai merubah beberapa kebiasaan sebelum menjalani ibadah puasa ramadhan selama 30 hari penuh. Pasalnya, gejala anemia yang timbul seperti lelah dan pusing akan sangat mengganggu ibadah puasa wajibmu dan mungkin saja mengharuskan kamu untuk membatalkannya. Nah, inilah beberapa tips puasa bagi penderita anemia agar kuat menghadapi puasa wajib di bulan Ramadhan.


 


Makan Makanan Peningkat Sel Darah Merah

Nah, penting untuk para penderita anemia memerhatikan nutrisi makanan yang dimakan ketika sahur dan juga berbuka. Penderita anemia sebaiknya memakan makanan bernutrisi untuk meningkatkan kadar sel darah merahnya, seperti yang dapat ditemukan di ikan, daging, dan juga sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin dan kalsium, seperti bayam, buah bit hijau, brokoli, dan jenis sayuran hijau lainnya. Sebisa mungkin kamu harus menjaga pola makan, agar bisa mencegah anemia muncul di siang hari.

source: http://zahraherbal.com/blog/makanan-yang-sehat-untuk-penderita-anemia/


 

baca juga



Jangan Minum Teh atau Kopi

Hindari meminum teh dan kopi ketika sahur dan berbuka ya. Jenis minuman enak ini memiliki kafein yang dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kafein yang menghambat penyerapan zat besi tidak hanya dari minuman ini saja, tetapi bisa juga dari minuman berenergi dan yang berkafein lainnya.

source: http://www.salon.com/2014/11/10/the_truth_about_coffee_and_tea_which_is_really_better_for_your_health_partner/


 



Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Hal yang sering dialami penderita anemia adalah karena kekurangan zat besi. Kondisi ini hanya akan semakin parah jika kamu tak memperhatikan menu makanan saat sahur dan berbuka. Konsumsilah makanan yang mengandung sumber zat besi seperti hati, daging, kuning telur, tempe, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran yang berwarna hijau tua. Minum juga susu yang diperkaya protein, vitamin, dan mineral. Makanan yang bernutrisi akan mengurangi dan mencegah anemia kambuh saat sedang puasa,

source: https://www.cabbage-soup-diet.com/breakfast-ideas-for-your-soup-week-and-beyond/


 

baca juga



Minum Suplemen Penambah Darah

Suplemen penambah darah sepertinya sudah akrab dengan kamu yang menderita anemia. Nah disaat menjalani puasa seperti ini, konsumsilah suplemen penambah darah saat sahur. Vitamin dan mineral lengkap seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat sangat berguna untuk pembentukan sel darah merah.

source: https://www.bukalapak.com/p/kesehatan-2359/obat-suplemen/obat-obatan/1ge81d-jual-sakatonic-liver-kaplet-anemia-kurang-darah-lesuh-letih

Nah, kini menjalani puasa bukan lagi menjadi hal berat bagi penderita anemia jika kamu menerapkan beberapa tips diatas. Yang paling penting adalah memerhatikan pola makan yang sehat, istirahat yang cukup dan makanlah makanan yang disarankan. Happy fasting!