Hindari Makanan Berikut Ini

Hindari makanan penyebab inflamasi seperti lemak hewani serta makanan dan minuman yang mengandung gula. Keduanya dapat mendorong kontraksi dan memperparah rasa nyeri. Oleh karena itu, menghindari makanan penyebab inflamasi dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi sayur, buah, serta makanan yang kaya omega 3 dan vitamin D seperti salmon dan telur untuk mengurangi tingkat prostaglandin dalam tubuh. Tambahkan makanan anti-inflamasi seperti tomat, minyak zaitun, kacang-kacangan, ikan, berry dan sitrus.

source: http://www.sheknows.com/food-and-recipes/articles/817000/Foods-that-relieve-PMS-cramps


 

baca juga

Kompres Hangat

Rasa nyeri atau kram perut bersumber dari kontraksi otot, sehingga kamu dapat memberi terapi fisik lewat kompres hangat. Buat kompres hangat dengan heat pack, botol air hangat, atau lap basah hangat yang dibungkus plastik. Terapi panas akan melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
 

source: http://comotenertucuerposano.blogspot.co.id/2015/04/dolor-de-ovarios-por-que-duelen-como.html


 

Minum Vitamin

Penting untuk mengkonsumsi vitamin, terutama magnesium, kalsium dan vitamin B ketika sedang menstruasi untuk mengurangi rasa nyeri. Tak hanya mengurangi produksi prostaglandin si penyebab nyeri, vitamin D akan mengurangi produksi cytokin yang menjadi sumber inflamasi.

Kalau enggak sempat makan ikan, kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen minyak ikan.

source: https://mama.ua/13125-o-kontratseptsii-tabletki-sleduyushhego-dnya-25895/


 

baca juga

Rempah-Rempah

Manfaatkan rempah-rempah untuk mencegah spasm atau kontraksi otot secara tiba-tiba. Clary Sage essential oil yang dioleskan di perut bagian bawah akan meregulasi hormon estrogen dan mencegah spasm. Menurut Cindy Santa Ana, penulis "Unprocessed Living" hasilnya setara dengan obat-obatan seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Kamu dapat mencoba teh jahe yang anti-inflamasi, dan beberapa jenis aromaterapi seperti German chamomile, sweet marjoram dan sweet fennel.

source: http://vineveracosmetics.com/tag/clary-sage/