Kerak Telor

We must admit that Kerak Telor is the most popular dish in Jakarta a.k.a the identity of Jakarta. Why? Because you can only find it in Jakarta! Kerak telor merupakan makanan tradisional yang terbuat dari adonan nasi dan telor yang dimasak diatas bara hingga menjadi kerak, kemudian disajikan dengan taburan bawang goreng dan serundeng. Fun fact, proses memasak menu satu ini biasanya menjadi daya tarik sendiri lho!

source: https://newsfloods.wordpress.com/lifestyle/kerak-telor-tetap-jadi-pilihan/



Ketoprak

FYI, ketroprak bisa dibilang sebagai jajanan tradisional Jakarta yang paling komersial, karena kamu sangat mudah menemukan penjual ketoprak dengan gerobaknya di setiap sudut kota Jakarta. Ketoprak terdiri atas lontong atau ketupat, bihun, tahu, dan bihun yang dicampurkan dengan saus kacang serta ditaburi kerupuk dan bawang goreng. And yeah, this dish will definitely make you full until your next meal!

source: http://dannylovetoeat.blogspot.co.id/2013/11/ketoprak.html
baca juga



Roti Buaya

Jakarta juga terkenal dengan roti buayanya! Yups jajanan satu ini disebut roti buaya karena memang bentuk roti jumbo ini yang menyerupai seekor buaya! Selain dijual di pusat oleh-oleh khas Jakarta, roti satu ini sangat sering dijadikan seserahan oleh mempelai laki-laki pada upacara pernikahan adat Betawi. Just a fun fact, roti buaya dijadikan salah satu seserahan karena masyarakat Betawi mempercayai bahwa buaya hanya akan kawin satu kali sepanjang hidupnya. So yeah, Roti Buaya is a symbol of loyalty in marriage!

source: http://www.seruni.id/makanan-khas-betawi/#



Gado-gado

FYI, jika orang Barat punya salad, Indonesia juga punya salad khas Jakarta lho, yaitu gado-gado! Gado-gado merupakan makanan yang terdiri atas berbagai macam sayuran, seperti kangkung, kacang panjang, jagung, kentang, kol, toge, selada, mentimun, tahu, dan lain sebagainya. Syur mayur ini kemudian di disiram dengan saus kacang gurih serta ditaburi dengan kerupuk dan bawang goreng. If you are a salad lover, you definitely have to try this-Jakarta-style-salad a.k.a gado-gado!

source: http://www.thejakartapost.com/life/2017/01/31/five-tasty-gado-gado-lunch-joints.html
baca juga



Bir Pletok

Fun fact, although it’s called ‘Bir Pletok’, it is 100% alcohol free, dear! Ya, Bir Pletok yang rasanya manis sedikit pedas, dan hangat ini terbuat dari bahan bahan tradisional seperti air jahe asli, sari bunga selasih, gula, dan beberapa  macam akar-akaran.  Jadi mengapa dinamakan bir pletok? Ternyata minuman ini disebut ‘bir’ karena dahulu kala, masyarakat Betawi ingin menyenangkan orang Belanda dengan menyediakan minuman tanpa alkohol dengan fungsi yang sama dengan bir, yaitu mampu menghangatkan tubuh, dimana rasa hangat dari minuman ini didapat dari air jahe. Sedangkan, nama ‘pletok’ ditambahkan karena bir pletok  dibuat dengan mengaduk  minuman ini dan es di dalam batang bambu, hingga terdengat suara ‘pletok-pletok’. Yup, that’s why it is called Bir Pletok!

source: http://jakartakuliner2.blogspot.co.id/2013/05/minuman-khas-dari-betawi_2.html