Terlalu Lelah

Terlalu lelah adalah salah salah satu penyebab haid dua bulan sekali. Hal ini karena tubuh membutuhkan energi untuk meneruskan proses haid secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktivitas yang berat, maka haidpun akan datang terlambat. Setiap wanita mempunyai ambang lelah yang berbeda, tergantung ketahanan dan stamina seseorang.

source: http://ohayo.co.id


 

baca juga

Kondisi Stres yang Tak Dapat Dihindari

Ada beberapa kondisi dan situasi yang tiba-tiba dihadapkan dan tidak diharapkan oleh seseorang. Seperti misalnya ditinggal anggota keluarga, di PHK atau hal-hal lainnya yang tidak dapat dihindari. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental yang ekstrim, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan inilah yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih lama, seperti dua bulan sekali.

source: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id



 

Diet Tidak Seimbang

Diet dengan target yang tinggi dan tidak sehat adalah salah satu penyebab haid dua bulan sekali. Tubuh selalu membutuhkan mineral, vitamin dan zat - zat yang cukup setiap harinya. Jika asupan makanan yang masuk tidak cukup dan bahkan berkurang, hal ini akan mengganggu metabolisme yang terjadi. Hormon yang ada di dalam tubuhpun menjadi tidak seimbang. Hormon yang tidak seimbang inilah yang akan memperlambat jalannya sirkulasi darah ke ovarium untuk dibuahi atau dilepaskan.

source: http://www.generasihero.com


 

baca juga

Makanan dan Minuman Yang Tidak Sehat

Kualitas asupan yang masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi kinerja kelenjar hypotalamus, dimana kelenjar ini memiliki peran mengendalikan siklus haid yang ada. Junk food, fast food dan makanan berlemak memang enak dinikmati.

Namun bahayanya, semua jenis makanan ini mempengaruhi kinerja kelenjar hypotalamus. Sedangkan minuman bersoda, minuman beralkohol dan kafein yang dikonsumsi dalam jangka panjang secara rutinpun akan menjadi salah satu penyebab haid dua bulan sekali. Selain itu rokok dan obat-obatan terlarang juga tak jauh berbeda dengan semua jenis diatas. Konsumsilah makanan yang sehat agar tubuh tetap bugar.

source: http://food.ndtv.com


 

Beberapa Penyakit di Dalam Organ Kewanitaan

source: https://kawaiibeautyjapan.com


Gangguan Tiroid
Jika kelenjar tiroid yang mengendalikan metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik, maka jadwal menstruasi akan terganggu. Gejala fisik yang paling nampak adalah kelelahan yang esktrim, rambut rontok, meningkatnya berat badan tubuh dan merasa dingin ketika orang lain merasa nyaman dengan kondisi suhu sekitar. Yang dapat dilakukan adalah tes darah untuk memastikan apakah tiroid bekerja dengan baik atau tidak.

Adanya Hormon Prolaktin
Jika ada suatu siklus haid yang terlewat dan terjadi berulang kali, hal ini disebabkan karena produksi hormon prolaktin dalam jumlah tinggi yang tidak normal. Tubuh wanita biasanya membuat prolaktin saat menyusui. Namun jika ini berlangsung ketika bukan saatnya menyusui, maka salah satunya adalah karena produksi hormon yang tinggi. Segeralah periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Sindrom Ovarium Polikistik
Kondisi ini akan memperngaruhi hormon yang bertugas melepaskan sel telur yang sudah matang. Pada wanita yang menderita Sindrom Ovarium Polikistik, sel telurnya tetap berada di ovarium, namun terjadinya pembuahan dalam jangka waktu yang lama. Inilah yang menjadi penyebab haid dua bulan sekali.

Radang Panggung
Radang ini rata - rata muncul di bagian leher rahim, ovarium, rahim, tuba fallopi atau panggung. Gejalanya antara lain nyeri saat berkemih, terasa sakit saat berhubungan seksual, bau saat sedang keputihan, melewati siklus rutin datang bulan (bisa terjadi setiap 2 bulanan), cepat lelah bahkan sampai pingsan.

Kista
Kista diproduksi oleh kelenjar di ovarium yang berisi cairan atau gel. Jika kista makin membesar, jalan satu - satunya adalah harus diangkat. Gejalanya adalah sakit saat buang air kecil, karena kista akan menekan kandung kemih. Mual, muntah - muntah, nyeri yang hebat juga dapat terjadi pada bagian perut dan paha.

 

Tips Agar Haid Datang dengan Teratur

  • Olahraga yang teratur.
  • Istirahat yang cukup.
  • Minum air putih hangat minimal 8 gelas sehari.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang seimbang.
  • Jangan diet cepat yang tidak sehat.
source: https://kawaiibeautyjapan.com

Untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter, terutama yang berkaitan dengan gejala penyakit diatas. Penanganan yang tepat akan menyelamatkan organ kewanitaan dari bahaya yang tidak diinginkan.