Sebelum mengetahui dampak siklus haid tidak teratur, tentunya Beautynesian perlu memahami dan mendefinisikan terlebih dahulu mengenai sikus bulananmu: apakah masih normal atau sudah tergolong tidak teratur.


Siklus Menstruasi Normal

Biasanya, mentruasi disebut normal jika terjadi setiap 28 hari sekali. Padahal hal itu tidak tepat, sebab siklus bulanan setiap wanita berbeda-beda. Bahkan, jika kamu mengalami haid setiap 23 hari atau setiap 35 hari sekalipun, siklus menstruasimua masih tergolong siklus normal.


Siklus Menstruasi Tidak Normal atau Tidak Teratur

Di sisi lain, siklus menstruasi yang tidak teratur biasanya terjadi secara konsisten setiap kurang dari 21 hari sekali atau lebih dari 36 hari sekali. Selain itu, jika kamu mengalami siklus menstruasi yang berubah-rubah dari satu periode ke selanjutnya, misalnya jarak dari hari pertama menstruasi bulan lau dengan hari pertama menstruasi bulan ini selama 25 hari, tetapi selanjutnya menjadi 31 hari, kemudian 37 hari, maka siklus menstruasimu tergolong tidak teratur atau tidak normal.

source: http://programhamil.com/tips-cepat-hamil-apabila-haid-tidak-teratur



Jika siklus menstruasimu tergolong normal, maka kamu bisa bernafas lega. Di sisi lain, jika menstruasimu tergolong tidak normal atau tidak teratur, kamu harus berhati-hati, harena siklus haid yang tidak teratur memiliki beberapa negatif bagi tubuhmu, yaitu:


Mempengaruhi Tingkat Kesuburanmu

Siklus menstruasi yang tidak teratur dapat terjadi karena proses ovulasi yang tidak teratur, atau bahkan sama sekali tidak terjadi proses ovulasi pada organ reproduksimu. Perlu Beautynesian ketahui jika wanita tidak dapat hamil jika ia tidak mengalami ovulasi. Sehingga, jika proses ovulasimu tidak teratur (yang ditunjukkan dengan siklus menstruasimu yang tidak teratur), maka tingkat kesuburanmu juga dapat terganggu, atau dengan kata lain peluang untuk hamil menjadi jauh lebih kecil.

source: https://www.thebump.com/a/am-i-pregnant-quiz
<baca juga>



Dapat Menyebabkan Kanker Rahim

Kamu perlu tahu bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur merupakan salah satu gejala awal dari kanker rahim. Tetapu tentunya risiko kanker rahim ini masih dapat dihindari dan diobati jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter serta menjauhi gaya hdup yang dapat memperburuk kondisi kanker di rahim, seperti merokok dan menim alcohol. So yeah, you should beware dear!

source: http://www.medscape.com/viewarticle/822542



Mengindikasikan Penyakit Rahim

Selain dapat menyebabkan ketidaksuburan dan kanker rahim, siklus menstruasi yang tidak teratur juga dapat mengindikasikan penyakit rahim yang mungkin sedang dialami, seperti polip rahim dan sindrom ovarium poliktistik.

source: http://www.blogkesehatandian.com/pengertian-polip-rahim/
<baca juga>


Oleh sebab itu, jika Beautynesian menyadari bahwa siklus menstruasimu tidak teratur, sebaiknya kamu segera mengatasinya dengan cara-cara alami maupun segera memeriksakan diri dan berkonsultasi ke dokter kandungan, sehingga dampak-dampak negative tersebut dapat kamu hindari.


Yep, kamu harus bersikap cepat, tanggap, dan responsif jika mengalami kondisi ini! Good luck Beautynesian!